Jakarta (ANTARA News) - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merayakan usia ke-40 tahun di Indonesia.

Siaran pers Yamaha Indonesia menyebutkan perayaan dihadiri President and CEO Yamaha Motor Company Japan Hiroyuki Yanagi dan sejumlah pejabat pemerintah kementerian Indonesia.

Acara berlangsung pada Senin 7 Juli di Kantor YIMM, Pulogadung, Jakarta Timur.

”Dari hasil kiprah perjalanannya selama 40 tahun, bisa dibilang Yamaha Indonesia telah meraih sukses dan diakui sebagai salah satu perusahaan otomotif sepeda motor yang terpandang,” ujar Dyonisius Beti, Executive Vice President PT YIMM.

YIMM berdiri pada 6 Juli 1974, Yamaha memiliki dua bagian besar yaitu 2 manufacturing dan 4 produsen parts atau 6 pabrik.

Perkembangannya yang pesat lantas melahirkan 7 group company dan 160 vendor yang tersebar di Jabodetabek dan Jakarta Timur.

Sejalan dengan itu pula jumlah karyawan meningkat hingga saat ini terhitung kurang lebih 20 ribu orang.

Kapasitas produksi pun tinggi mencapai 3 juta unit sepeda motor/tahun.

Tercatat pula jaringan dan dealer mencapai 4.300 termasuk 6 DDS (Direct Distribution System) atau yang dikenal dengan Flagship Stores (FSS) di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Jambi, Madiun-Kediri.

Yamaha Indonesia tidak melupakan kewajibannya untuk memberikan bantuan kepada pihak lain dalam program CSR (Corporate Social Responsibility).

Di antaranya seperti bekerjasama dengan 500 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia.

Selain itu adalah CSR juga dalam bentuk Yamaha Engineering School (YES), Sekolah mekanik gratis Yamaha yang hadir sejak tahun 1990 dan telah mendidik 3.406 orang di 12 kota.

Keunggulan Yamaha lainnya adalah aktif dan sukses melaksanakan transfer teknologi dari Yamaha Jepang kepada insinyur muda lulusan beberapa universitas terkemuka seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada dan Universitas Indonesia, yang mengikuti program-program pembelajaran secara berkala selama 6 bulan sampai 3 tahun ke Yamaha Jepang.

Produk yang diproduksi Yamaha Indonesia adalah hasil karya anak bangsa pula seperti Soul GT, Fino edisi I Love Indonesia yang menggunakan striping motif Sulur Jawa dan yang teranyar adalah R25 yang menggunakan 94 persen kandungan part lokal dan mesin lokal.

 

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014