Mataram (ANTARA News) - Perusahaan-perusahaan pembiayaan Astra yang tergabung dalam Grup Astra Financial Services, Kamis, meresmikan sarana pendidikan Rumah Pintar Handayani di Gomong, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Peresmian Rumah Pintar Handayani dipimpin oleh Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin didampingi CEO ACC Jodjana Jody, Direktur Human Capital & General Support FIF Group Sutjahja Nugroho dan Chief Human Capital Officer & Corporate Secretary Asuransi Astra Buana Ida Sigalingging.

"Kami berharap Rumah Pintar Handayani dapat menjadi sarana untuk membangun masyarakat cerdas, kreatif, mandiri, dan sejahtera," kata Jodjana Jody dalam sambutannya.

Wagub Muhammad Amin menyampaikan terima kasih atas kepedulian Astra terhadap dunia pendidikan Indonesia, dan bantuan yang telah diberikan pasti akan bermanfaat bagi masyarakat NTB.

"Karya hari ini harus kita jaga dan terus kita jaga kelestariannya karena biasanya kita pandai membangun tapi tidak bisa menjaga" katanya.

Muhammad Amin mengatakan, dari 20 Rumah Pintar yang dibangun Astra di seluruh Indonesia, yang di Mataram merupakan yang terbesar.

Di Rumah Pintar Handayani terdapat lima fasilitas utama yakni Sentra Buku, Sentra Komputer, Sentra Audio Visual, Sentra Kriya, dan Sentra Bermain.

Seperti halnya perpustakaan, di Sentra Buku tersedia banyak buku yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan bagi siswa dan masyarakat yang memanfaatkan Rumah Pintar.

Di Sentra Audio Visual, siswa dan masyarakat bisa belajar dengan film-film dan video pengetahuan, sedangkan Sentra Komputer disediakan sarana dan prasarana untuk belajar mengopersikan komputer hingga akses informasi melalui Internet.

Di Sentra Kriya, Astra telah menyediakan sarana pelatihan tenaga trampil di antaranya pelatihan mekanik roda dua, menjahit, hingga kerajinan tangan.

Secara keseluruhan, Grup Astra telah meresmikan 20 Rumah Pintar yang tersebar di sembilan provinsi yaitu Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, NTB, dan Sulawesi Barat.

Penyediaan sarana pendidikan bagi masyarakat melalui berbagai sumber belajar itu juga merupakan program yang dijalankan Grup Astra bersama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

Kegiatan yang menjadi bagian Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Astra tersebut dimaksudkan untuk membantu memajukan dunia pendidikan dan pemberdayaan masyarat mulai dari anak usia dini, kaum perempuan, hingga kelompok usia lanjut.

Perusahaan-perusahaan pembiayaan Grup Astra yang terlibat dalam kegiatan itu meliputi Astra Credit Companies (ACC), PT Federal Inernational Finance (FIFGroup), PT Asuransi Astra Buana, PT Toyota Astra Finance Services, PT Bank Permata Tbk, PT Surya Artha Nusantara Finance, PT Komatsu Astra Finance, dan PT Astra Mitra Venture.

Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014