Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan akan melakukan tiga upaya utama untuk terus mengembangkan aktivitas ekspornya.

"Ada tiga hal yang menjadi kunci utama bagi Toyota untuk terus meningkatkan kinerja ekspor, yaitu penambahan investasi dan kapasitas produksi, produk kompetitif, pengiriman tepat waktu," kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Toyota telah berinvestasi untuk peningkatan kapasitas produksi, salah satunya di pabrik Karawang I, dari produksi 110.000 unit per tahun menjadi 130.000 unit per tahun mulai pertengahan 2013.

"Kami juga telah merealisasikan investasi pembangunan pabrik Karawang II yang mulai beroperasi awal tahun 2013 dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun," ungkapnya.

Dari segi kompetisi produk, kata dia, pihaknya berusaha memberikan produk kompetitif berstandar kualitas global namun tetap memiliki tingkat kandungan lokal yang tinggi.

"Peningkatan signifikan tujuan ekspor Toyota sejak 2004 membuktikan bahwa kualitas kendaraan buatan Indonesia diminati dan sesuai kebutuhan konsumen pasar global," ujar Warih.

Ia pun meyakini tingginya tingkat lokalisasi mengurangi ketergantungan Toyota terhadap pemasok asing serta menjaga harga kendaraan dari dampak fluktuasi nilai tukar mata uang.

Sebagai basis produksi dan ekspor, peningkatan kandungan lokal menjadi suatu keharusan bagi Toyota untuk menjaga daya saing produk-produk ekspornya.

Selanjutnya, untuk pengiriman tepat waktu, Warih mengaku pihaknya bekerjasama dengan pemerintah dalam penyediaan infrastruktur.

Salah satu kerja sama yang sudah terwujud adalah perluasan area penyimpanan kendaraan di Tanjung Priok Car Terminal (TPT).

"Berkat dukungan pemerintah, area penyimpanan kendaraan TPT meningkat signifikan dari 73.000 meter persegi pada 2008 menjadi lebih dari 130.000 meter persegi pada 2013, seiring dengan peningkatan aktivitas ekspor Toyota," jelasnya.

Ia menambahkan, sistem logistik Toyota juga berperan penting dalam menjaga pengiriman produk ekspor tetap tepat waktu.
Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014