Jakarta (ANTARA) - Sejak akhir tahun lalu, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengijinkan masyarakat pemilik kendaraan bermotor Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mengkonversinya ke motor listrik.

Berdasarkan situs pendaftaran online konversi motor listrik Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), yang diakses Senin, konversi motor listrik ini merupakan salah satu upaya menurunkan impor BBM dan mencapai target pengurangan emisi.

Bahkan, pemerintah akan memberikan insentif bantuan Rp10 juta kepada masyarakat yang hendak mengkonversi motor BBM-nya, sebagaimana tertulis dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2023 Tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah Dalam Program Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Baca juga: ESDM luncurkan program konversi 1.000 motor gratis untuk kurangi emisi

Bantuan juga bisa diberikan kepada perorangan, kelompok masyarakat, lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

Berikut cara pendaftarannya:

  • Kunjungi situs resminya melalui ebtke.esdm.go.id/konversi
  • Klik "Mendaftar Konversi"
  • Pilih lokasi bengkel terdekat.
  • Isi formulir pendaftaran.
  • Setelah selesai, pastikan mendapat email notifikasi.
  • Nantinya permohonan akan diterbitkan setelah bengkel melakukan pengecekan teknis kondisi sepeda motor dan kelengkapan surat-surat kendaraan (Kesesuaian KTP, STNK, BPKB, Nomor Mesin dan Nomor Rangka).
  • Jika sudah sesuai, bengkel mulai melakukan pengerjaan konversi sepeda motor milik pemohon.
  • Bengkel mengajukan permohonan SUT dan SRUT secara online ke Kemenhub.
  • Kemenhub unggah SUT dan SRIT yang telah diterbitkan.
  • LVI melalukan verifikasi.
  • Serah terima sepeda motor kepada pemilik
Baca juga: KLHK: Indonesia siap ukir sejarah dari konversi motor listrik ke Eropa

Diketahui, Indonesia saat ini berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan menuju rendah karbon dan ketahanan iklim secara bertahap dengan target transisi mencapai target pengurangan emisi sebesar 31,89 persen pada tahun 2030 atau 43,2 persen dengan dukungan internasional serta Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Sektor transportasi masih menjadi pengguna energi terbesar (42 persen) di mana sebagian besar berasal dari penggunaan BBM yang diimpor. Pada tahun 2020, impor bahan bakar mencapai 61 juta barrel minyak atau setara pengeluaran devisa Rp40 triliun.

Baca juga: Vespa konversi elektrik buatan Elders, siap digeber hingga Italia

Salah satu upaya untuk menurunkan impor BBM adalah dengan menggalakkan penggunaan kendaraan listrik melalui percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Percepatan ini bisa dipenuhi dengan kendaraan baru maupun melalui kendaraan konversi BBM ke listrik.

Bantuan pemerintah dalam program konversi motor listrik ditujukan untuk mendorong minat masyarakat melakukan konversi sepeda motor BBM menjadi motor listrik.

Baca juga: KESDM: TKDN pabrik baterai TDL ID capai 20 persen pada tahun pertama

Baca juga: PLN dan Kementerian ESDM gelar pelatihan konversi motor listrik di SMK

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024