Jakarta (ANTARA) - Mobil listrik sekarang sudah menjadi salah satu pilihan sarana pendukung mobilitas sehari-hari, baik dalam melakukan perjalanan di dalam kota maupun antar-kota.

Produsen juga telah menawarkan berbagai model mobil listrik dengan ragam keunggulan dalam desain serta fitur pendukung keamanan dan kenyamanan berkendara.

Kendati demikian, ada baiknya melakukan pemeriksaan kendaraan dan menyiapkan hal-hal yang diperlukan agar perjalanan menggunakan mobil listrik berlangsung aman dan nyaman dalam berbagai kondisi.

NETA Indonesia dalam siaran persnya pada Senin menyampaikan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil listrik sebagai berikut.

1. Pastikan kapasitas baterai cukup

Pengendara bisa menghadapi berbagai kondisi jalan dan cuaca selama perjalanan. Ada kalanya dalam perjalanan pengendara harus menghadapi hujan dan kemacetan panjang.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa baterai kendaraan sebelum berangkat. Sebaiknya mengisi daya baterai hingga penuh atau minimal 80 persen untuk meminimalkan kemungkinan kehabisan daya saat kondisi cuaca atau jalanan kurang baik.

2. Periksa ban

Cuaca dan kondisi jalanan yang kurang baik berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan, terutama jika kondisi ban tidak optimal.

Periksa tekanan udara dalam ban secara rutin, dan pastikan ban memiliki daya cengkeram baik. Saat musim hujan, pastikan permukaan ban dalam kondisi ideal untuk mencegah kemungkinan tergelincir di jalan yang licin.

3. Gunakan mode berkendara yang sesuai

Saat cuaca buruk, seperti hujan atau kabut tebal, pengemudi disarankan untuk menggunakan mode berkendara yang lebih aman seperti mode eco atau comfort pada mobil NETA.

Penggunaan mode berkendara ini bisa membantu mengurangi kecepatan akselerasi dan meningkatkan stabilitas kendaraan, sehingga pengemudi dapat berkendara lebih tenang dan aman.

NETA X menawarkan beberapa mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kondisi jalan dan cuaca seperti Mode Eco, Sport, atau Comfort.

5. Siaga saat cuaca hujan

Kondisi cuaca dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Pastikan mobil listrik yang dikendarai dilengkapi dengan fitur-fitur untuk memaksimalkan keselamatan di jalan.

Mobil listrik sekarang umumnya telah dilengkapi fitur-fitur keselamatan canggih.

NETA X misalnya. Mobil listrik ini sudah dibekali sistem Smart Driving dengan sembilan fungsi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), yang terdiri atas Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full-Speed Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Integrated Cruise Assist (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Emergency Lane Keeping System (ELKS), dan High Beam Assist (HBA).

Fitur-fitur ADAS dirancang untuk membantu pengemudi mengendarai kendaraan secara lebih aman dalam berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Baca juga: Bedah fitur ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?

Baca juga: Hyundai sematkan fitur pintar Bluelink pada Ioniq 5


Baca juga: SUV elektrik BYD Atto 3 dapat pembaruan fitur dan desain


 

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024