Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Jerman paling ternama yang bertanggung jawab atas beberapa jok terbaik untuk mobil balap, Recaro, telah mengajukan pailit, alias bangkrut.

Laman Carscoops, Rabu, melaporkan, divisi otomotif telah dipisahkan dari Grup Recaro beberapa tahun yang lalu dan telah berada di tangan perusahaan investasi, Raven Acquisitions, sejak tahun 2020.

Ini berarti bahwa bisnis Recaro lain yang bertanggung jawab untuk membuat kursi kereta api, pesawat, dan game tidak terpengaruh oleh masalah di perusahaan yang memasok jok bucket ke merek-merek seperti BMW untuk mobil M, atau Ford, untuk digunakan di S650 Mustang.

Namun, 215 pekerja di bisnis otomotif sangat terpengaruh oleh berita kebangkrutan ini dan tampaknya tidak menyadari bahwa kebangkrutan akan segera terjadi.

Baca juga: Niaga aksesori mobil bertahan berkat produk berharga ekonomis

Baca juga: Lilin lebah juga bisa jaga kelembapan jok kulit mobil

Para pekerja tersebut diwakili oleh serikat pekerja IG Metall Jerman, yang mengatakan bahwa manajemen Recaro hanya memberikan sedikit informasi terbaru.

Para pekerja di pabrik Kircheim, Jerman, sangat tidak senang, setelah kenaikan gaji dan tunjangan dalam beberapa tahun terakhir tidak diberikan dalam rangka menjaga kesehatan perusahaan.

Para pembuat mobil yang mengandalkan Recaro juga akan panik dengan berita ini, karena tidak ada pemasok alternatif yang bisa didatangkan untuk menggantikan Recaro dalam waktu singkat.

Ada banyak perusahaan lain yang membuat jok sport, namun perlu waktu bagi produsen mobil untuk menguji coba jok baru dan bagi perakit jok untuk menyortir logistik produksi.

Hingga hal itu terjadi, atau Recaro bangkit kembali, banyak mobil performa yang hanya bisa tersedia dengan kursi sport.

Recaro lahir pada tahun 1906 ketika Wilhelm Reutter mulai membangun bodi dan interior mobil, kemudian berganti nama menjadi Reutter Karosserie dan kemudian dibeli oleh salah satu pelanggannya, Porsche.

Porsche memisahkan divisi bodi dan interior mobil, mempertahankan bagian bodywork untuk dirinya sendiri, sementara sisanya menjadi Recaro dan mulai membuat kursi olahraga untuk Porsche dan komunitas aftermarket.

Recaro kemudian mulai membuat kursi pesawat di awal tahun 1970-an dan pada akhir tahun 90-an, perusahaan ini dipecah menjadi beberapa perusahaan terpisah.

Baca juga: Ini dia jok mobil khusus penyandang disabilitas

Baca juga: Tren modifikasi jok mobil masih gemari warna hitam

Baca juga: Bahan kulit jok mobil kini juga untuk sofa

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024