Jakarta (ANTARA) - Pakar Otomotif dari Universitas Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu menyebut bahwa kenaikan jumlah pengunjung pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) membawa angin segar bagi industri otomotif Tanah Air yang tengah melesu.

“Penjualan (pada industri otomotif) turun sampai hampir 20 persen hingga pertengahan 2024 ini dibandingkan tahun lalu, GIIAS dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen dan memulihkan momentum pertumbuhan industri otomotif,” kata dia saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Senin.

Jumlah pengunjung GIIAS 2024 yang digelar 18-28 Juli, naik sekitar dua hingga lima persen dibanding agenda serupa tahun lalu, seperti yang dikatakan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nangoi pada penutupan GIIAS 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (27/7) lalu.

Baca juga: Alasan GIIAS sangat berpengaruh pada industri otomotif RI

Peningkatan jumlah pengunjung, menurut Yannes, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin tertarik dengan perkembangan industri otomotif, terutama dengan model-model terbaru dan teknologi kendaraan yang semakin canggih.

“Yang menarik perhatian saat ini yang membuat meningkatnya pengunjung adalah banyaknya EV (kendaraan elektrifikasi) dan e-motor yang dipamerkan dan dapat diuji coba secara langsung oleh pengunjung yang ingin langsung merasakan performa masing-masing merek yang dipamerkan,” ujar Yannes.

Sebagai salah satu gelaran otomotif terbesar dunia saat ini, GIIAS diharapkan mampu kembali menggairahkan penjualan pada semester kedua tahun 2024.

Baca juga: Pengunjung GIIAS 2024 naik dua hingga lima persen

Yannes mengungkap bahwa gelaran otomotif tahunan itu juga otomatis menciptakan banyak lapangan kerja sementara, mulai dari tenaga penjualan hingga penyelenggara acara.

“Pada acara besar seperti GIIAS ini, hampir semua merek menawarkan promo dan diskon menarik, lalu melakukan peluncuran model baru yang inovatif sehingga menarik perhatian konsumen dengan harapan dapat meningkatkan penjualan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Gaikindo mengumumkan rapor penjualan mobil pada semester I 2024 kembali menunjukkan hasil yang kurang memuaskan.

Baca juga: GAIKINDO sebut GIIAS 2024 sebagai corong kemajuan industri otomotif RI

Penjualan partai besar/grosir (wholesales) sepanjang semester I 2024 mencapai 408.012 unit atau turun sebanyak 19,5 persen dari 506.427 unit pada 2023.

Adapun GIIAS 2024 diselenggarakan di ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada 18-28 Juli 2024, menghadirkan lebih dari 55 merek kendaraan, yang terdiri atas mobil penumpang, kendaraan komersial, dan sepeda motor.

Pameran otomotif ini juga menampilkan 120 jenama produk pendukung kebutuhan otomotif.

Baca juga: Mazda tampilkan evolusi modelnya lewat 1.440 diecast di GIIAS 2024

Baca juga: Nissan pamerkan mobil konsep masa depan mereka di GIIAS 2024

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024