Jakarta (ANTARA News) - Toyota mendapat penghargaan merek paling top untuk varian segmen MPV Avanza dan Kijang Innova karena memimpin pangsa pasarnya masing-masing di 2013.

PT Toyota Astra Motor melalui keterangan pers di Jakarta, Kamis, menyatakan penghargaan merek paling top (Top Brand Award)  merupakan bentuk kepercayaan bisnis sebagai hasil penguatan top of mind share, top of market share, dan top of commitment share selama ini.

Selain dua varian MPV, produk Toyota di kelas city car, Yaris juga mendapat penghargaan merek paling top.

L-MPV Avanza, yang sudah 10 tahun bermain di segmen MPV (Low MPV, MPV, dan Upper MPV) membukukan total penjualan 213.458 unit dan memimpin dengan 49,2% pangsa pasar.

Toyota Kijang Innova di MPV mencatatkan total penjualan 64.539 unit dengan 72,2% pangsa pasar.

Pencapaian itu menurut Toyota adalah bukti dominasi mereka pada kategori MPV yang merupakan tulang punggung industri otomotif Indonesia.

Pasar MPV dinilai merupakan ceruk bisnis terbesar di industri mobil Indonesia.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan menyebutkan penghargaan Top Brand Award 2014 merupakan sebuah awal yang baik bagi Toyota dan juga sebagai pemberi semangat untuk terus menghasilkan yang sesuatu yang lebih baik ke depannya.

"Toyota bersyukur bahwa pencapaian Toyota memperoleh pengakuan dari berbagai pihak, khususnya Top Brand Index dan pelanggan setia Toyota. Semoga ini merupakan sebuah pijakan untuk meraih hasil yang lebih baik, khususnya 2014," katanya.

Penjualan Yaris pada 2013, meraih 13.726 unit dengan pangsa pasar 21,7%, kendati dihadapkan pada kendala pasokan

Acara pemberian penghargaan Top Brand 2014 bertajuk A Symbol That Enhances Customer ini dilakukan pada Rabu (5/2).

Dalam Top Brand Award 2014 ini, hasil terbaik berupa Top Brand Index diraih Toyota setelah melalui tahapan survei nasional terhadap 4.200 responden di delapan kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekanbaru, dan Balikapan.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014