Jakarta (ANTARA) - Volkswagen mengumumkan masa prajual mobil teranyar mereka Golf GTI, yang menjanjikan sejumlah perbaikan termasuk desain, kemudi dan perangkat lunak, mulai harga 44.505 euro (sekitar Rp 775,3 juta) di negara asalnya Jerman.

Volkswagen dalam laman resminya yang dilansir pada Rabu (15/5) menyatakan telah memperkuat mesin Golf GTI, seperti diumumkan dalam siaran pers di situs resmi mereka, yang menggunakan mesin turbocharged dengan torsi maksimum 370 Nm pada poros depan dan kecepatan perputaran mesin mulai 1.600 rpm. Output maksimum mesin sebesar 195 kW/265 PS, atau 20 PS lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Volkswagen Golf GTI bisa menempuh 100 kilometer per jam dalam 5,9 detik. Kecepatan maksimal mobil itu secara elektronik dibatasi sampai 250 kilometer per jam. 

Baca juga: CEO VW sebut PHEV diperlukan saat permintaan BEV turun

Dari luar, Volkswagen Golf GTI bisa dikenali melalui fitur baru lampu depan LED dan logo Volkswagen yang menyala di depan. VW juga mendesain ulang lampu belakang LED dan velg Queenstown berukuran 19 inci, opsi selain versi standar velg Richmond 17 inci.
 
Volkswagen Golf GTI. (ANTARA/volkswagen-newsroom.com)


Baca juga: VW segera ungkap van California generasi terbaru

Tampilan luar Golf GTI juga bisa dikenali melalui sistem knalpot pipa ganda dan knalpot berlapis krom di bagian kiri dan kanan mobil.

Pada bagian dalam, Golf GTI memiliki kursi sport premium dengan pola kotak-kotak. Volkswagen memberikan aksen warna merah pada kursi dan fitur-fitur seperti sandaran tangan dan karpet lantai.

Baca juga: XPeng dan Volkswagen jalin kolaborasi untuk arsitekrtur ev masa depan

VW juga memberikan fitur eksklusif berupa tombol Mesin/Mulai/Berhenti. Setelah pintu dibuka, tombol itu bergetar dan berwarna merah sampai mesin turbocharged menyala.

Versi standar Golf GTI juga memiliki pedal yang ditutupi baja tahan karat, headliner hitam dan Cockpit Pro yang disempurnakan.

Sebagai sistem hiburan, VW memberikan layar sentuh free standing 12,9 inci. Mobil itu juga memiliki asisten virtual IDA yang menggunakan kecerdasan buatan dari ChatGPT.

Baca juga: VW gaet Xpeng untuk bangun platform EV terjangkau tahun 2026

Baca juga: Volkswagen rancang mobil listrik "entry-level" meluncur 2027
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024