Jakarta (ANTARA) - Volkswagen alias VW tampaknya mengalami kesulitan mengembangkan perangkat lunak (software) arsitektur SSP (Scalable System Platform) yang memaksa perusahaan untuk menunda peluncuran beberapa model baru, termasuk penerus SUV ID.4.

Laman Carscoops, Senin (15/7) melaporkan, arsitektur SSP diharapkan dapat menggantikan Modular Electric Drive (MEB), platform khusus EV yang saat ini digunakan beberapa model dari merek-merek di bawah grup VW, termasuk Audi, Cupra, Skoda, Volkswagen, dan Volkswagen Commercial.

Target awalnya adalah untuk membawanya ke pasar pada tahun 2025, tetapi tampaknya tidak akan terjadi. CEO Volkswagen Thomas Schafer telah mengisyaratkan bahwa model berbasis SSP pertama dapat menjadi penerus Golf listrik, yang akan hadir pada tahun 2028.

Baca juga: Mobil ke-28 juta meluncur dari lini produksi FAW-Volkswagen
 

Perangkat lunak untuk arsitektur khusus EV sedang dikembangkan oleh Cariad dari VW Group. Perusahaan ingin platform baru ini mendukung waktu pengisian daya yang sangat cepat (sekitar 12 menit), dan kompatibel dengan pengemudian otonom Level 4.

Sayangnya, hambatan pengembangan SSP membuat rencana tidak akan siap tepat waktu, yang pasti memengaruhi jadwal pengembangan produk.

Menurut laporan media Jerman, Manager Magazin, yang juga telah dikonfirmasi oleh sumber orang dalam kepada Handelsblatt, peluncuran penerus VW ID.4 telah ditunda selama 15 bulan, dan sekarang akan tiba paling cepat tahun 2029.

Baca juga: SUV all-electric Volkswagen ID.UNYX segera diluncurkan
 

ID.4 diperkenalkan pada tahun 2020, yang berarti akan berusia sembilan tahun ketika saatnya tiba untuk penggantinya. SUV listrik sepenuhnya lainnya dari VW, yang diberi kode nama T-Sport, juga dilaporkan akan tiba lebih lambat dari yang diharapkan, yaitu pada tahun 2031.

Tidak ada informasi tentang merek lain dalam VW Group, tetapi turunan dari SSP juga diharapkan akan digunakan pada model masa depan oleh Audi, Porsche, Skoda, dan kendaraan komersial VW, dan diprediksi akan lebih banyak peluncuran mungkin harus turut ditunda.

Alasan lain untuk menunda debut model berbasis SSP adalah untuk memungkinkan investasi arsitektur MEB membuahkan hasil.

Baca juga: SAIC dan Volkswagen teken perjanjian kerja sama teknologi energi baru
 

Platform yang saat ini menopang seluruh keluarga ID, akan menerima pembaruan (MEB+) pada tahun 2026, sehingga akan bertahan lebih lama.

Model berbasis MEB di masa depan di antaranya hatchback ID.2 yang sangat dinanti-nantikan pasar, dan akan hadir pada tahun 2026, termasuk EV entry-level ID.1.

Baca juga: Rivian dan VW kerja sama ciptakan teknologi kendaraan canggih
 

Tahun lalu, VW membatalkan rencana pembangunan pabrik mobil listrik di dekat Wolfsburg, yang akan membutuhkan investasi sebesar 2,12 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp36,4 triliun.

Sebagai gantinya, produsen mobil ini akan memperbarui pabrik Wolfsburg dan Zwickau yang sudah ada, untuk mengakomodasi produksi model berbasis SSP.

Baca juga: Volkswagen Golf R 2025 diluncurkan untuk pasar Eropa

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024