Jakarta (ANTARA) - Volkswagen membawa eksperimen asisten suara ChatGPT ke jalan raya, atau lebih spesifiknya, ke kendaraan yang dijual di Amerika Serikat.

Dikutip dari TechCrunch, Selasa (3/9), pabrikan mobil Jerman itu pada bulan Januari di Consumer Electronics Show (CES) 2024 mengumumkan rencana untuk menambahkan chatbot bertenaga kecerdasan artifisial (AI) ke semua model Volkswagen yang dilengkapi dengan asisten suara IDA.

Namun, AS dikecualikan dalam peluncuran awal itu. Sekarang, pabrikan mobil itu membuat asisten suara Plus Speech yang terintegrasi dengan ChatGPT, yang merupakan chatbot AI berdasarkan produk Chat Pro Cerence dan model bahasa besar dari OpenAI, tersedia di kendaraan baru AS.

Baca juga: Volkswagen pertimbangkan tutup pabrik di Jerman demi efisiensi

Peluncuran dimulai pada 6 September dengan model Jetta dan Jetta GLI 2025, bersama dengan kendaraan ID.4 2024 yang dilengkapi dengan baterai 82 kWh. Sebagian besar model 2025 akan menawarkan Plus Speech dengan AI saat memasuki pasar.

TechCrunch menyebut bahwa pengguna perlu berlangganan untuk menikmati fitur ini, meskipun model Volkswagen ID.4 dan ID. Buzz hadir dengan akses gratis selama tiga tahun.

Baca juga: Proyek kendaraan listrik premium Volkswagen dilaporkan ditunda lagi

Baca juga: Volkswagen Anhui luncurkan NEV pertama untuk pasar China
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024