Tangerang (ANTARA News) - Pabrikan mobil Jepang Mitsubishi Motors Corporation baru-baru ini mengenalkan mobil konsep, Mitsubishi XM Concept, yang merupakan versi konsep dari mobil Small MPV pada pameran Gaikindo di ICE BSD City, Tangerang, 11-21 Agustus 2016.

Versi produksi massal mobil ini nantinya akan dibuat di pabrik baru yang dioperasikan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, perusahaan usaha patungan MMC dengan distributor mereka di Indonesia PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Cikarang mulai Oktober 2017.

Pereli nasional sekaligus duta merek Mitsubishi, Rifat Sungkar, mengutarakan pendapatnya sendiri bagaimana sebaiknya desain interior versi produksi XM Concept agar bisa bersaing secara serius di segmen kendaraan berceruk terbesar dari pasar otomotif domestik itu, dengan menekankan pada kursi penumpang baris kedua.

"Harapan gua adalah untuk mobil ini kursi baris kedua adalah hal yang utama, karena kursi baris kedua sangat menentukan keseimbangan bodi kendaraan dan kenyamanan penumpang yang duduk di kursi baris ketiga," kata Rifat kepada ANTARA News di sela-sela pameran.

"Jadi untuk kursi baris kedua di pasar ini konfigurasi tempat duduk ini sangat penting," ujarnya menambahkan.

Menurut Rifat mengingat harga mobil di segmen Low MPV beragam dari sangat murah hingga terbilang mahal, sehingga biasanya di harga terendah kursi baris kedua cenderung menyambung dari kiri kanan.

"Maksudnya ketika dilipat cuma bisa dilipat 100 persen. Itu kalau untuk mobil operasional mungkin tak masalah, tapi kalau untuk pemakaian keseharian sebaiknya konfigurasi tempat duduk 60:40, karena berkaitan dengan akomodasi," kata Rifat.

"Misalnya buat orang yang duduk di kursi baris ketiga, bisa pilih keluar masuk lewat kiri atau kanan. Kalau menyambung tidak bisa," tambahnya.

Sementara untuk bangku baris ketiga sendiri, Rifat menilai hal itu tidak terlalu signifikan baik itu berkonfigurasi 60:40, 50:50 atau bahkan 100 persen sekalipun.

"Bangku baris ketiga tidak mungkin 60:40 karena biasanya panjangnya cuma 3/4 dari bangku baris kedua. Kalaupun memungkinkan 50:50, tapi itu tidak terlalu signifikan buat jadi faktor pilihan," kata Rifat.

Saat mengenalkan XM Concept Mitsubishi tak banyak menyinggung mengenai desain bagian interior mobil tersebut, hanya menyebutkan sebagai MPV berkapasitas tujuh penumpang tiga baris bangku dialokasikan secara optimal untuk memberikan ruang interior yang luas dan setiap penumpang duduk nyaman serta pengaturan bangku variatif.

Selain itu disebutkan pula bagian dashboard horisontal memberi kesan kental MPV ditambah konsol tengah tinggi dan lebar, kontras warna hitam dan putih disertai akses perak untuk kesan mewah.
Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016