Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif China, Morris Garage (MG) telah meluncurkan EXE181, sebuah hypercar konsep bertenaga listrik yang diklaim memiliki salah satu bodi paling efisien secara aerodinamis di dunia dan mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 1,9 detik.

Hal ini akan membuat MG salah satu dari sekian banyak kendaraan konsep dan produksi yang ditampilkan di pameran motor Beijing minggu ini, menjadi penantang mobil dengan akselerasi tercepat di dunia, jika mobil ini akan diproduksi, lapor Carscoops, Rabu.

Diluncurkan di China minggu ini dengan serangkaian gambar menjelang debut publik yang diperkirakan akan menyusul, MG telah merilis beberapa rincian teknis tentang kendaraan futuristik tersebut.

Perusahaan mengklaim bahwa mobil pamer ini - yang hanya ditampilkan dalam ilustrasi komputer - "menantang rekor kecepatan darat" dalam sebuah pernyataan tertulis.

Baca juga: MG segera luncurkan model baru berbasis hybrid

Baca juga: MG Motor ungkap akan perluas investasi di Indonesia


Mobil ini mengklaim memiliki koefisien hambatan (Cd) 0,18, sama dengan konsep Mercedes-Benz Vision EQXX tahun 2022, namun lebih baik dari sedan Mercedes EQS yang memiliki Cd 0,20 dan 0,19 untuk Volkswagen XL1 tahun 2013 - dua mobil produksi paling aerodinamis yang pernah ada.
MG EXE181 konsep (ANTARA/X/Morris Garages India)

Mobil produksi MG tercepat hingga saat ini adalah mobil sport elektrik Cyberster yang akan datang dengan klaim waktu 0-100km/jam dalam 3,2 detik.

Desain dan nama konsep MG yang berbentuk tetesan air mata tersebut dilaporkan terinspirasi oleh mobil rekor dari produsen mobil EX 181 pada tahun 1950-an, yang ditenagai oleh mesin empat silinder supercharger 1,5 liter dari mobil sport MGA pada saat itu.

Pembalap Inggris Stirling Moss, yang terkenal dengan mobil sport dan karier balap Formula One, mengendarai EX 181 yang asli ke Rekor Kecepatan Darat 'Kelas F' 245,64 mph (395,31 km/jam) untuk kendaraan bermesin antara 1,0 dan 1,5 liter pada tanggal 23 Agustus 1957.

Pembalap AS Phil Hill kembali ke Bonneville Salt Flats di negara asalnya di mana Moss mencetak rekor untuk melaju lebih cepat lagi dengan EX 181, dengan mencatatkan kecepatan 254,91 mph (410,23 km/jam) pada tahun 1959.

Baca juga: MG Motors boyong penghargaan di PEVS 2023

Baca juga: Supercar listrik Maserati GranCabrio Folgore 2024 diluncurkan

Baca juga: Porsche ikut andil dalam pembuatan supercar listrik Rimac
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024