Jakarta (ANTARA) - McLaren telah mengalami beberapa krisis eksistensial sejak mantan CEO-nya, Mike Flewitt, berjanji pada tahun 2019 bahwa produsen supercar ini tidak akan pernah membuat SUV.

Flewitt telah lama pergi, dan sekarang penggantinya telah mengkonfirmasi bahwa McLaren memang ingin membangun sesuatu yang terdengar sangat mirip SUV, tetapi juga bahwa ia ingin mobil itu adalah plug-in hybrid (PHEV), lapor Caranddriver, Jumat (7/6).

Pengganti Flewitt sebagai CEO, Michael Leiters, tidak menggunakan istilah SUV, dan mendefinisikannya sebagai “kendaraan dengan performa yang sama.”

“Kami memperbesar dan memperluas jajaran produk kami di luar segmen di mana kami berada saat ini. Kami menyebutnya 'performa bersama' karena Anda dapat berbagi performa dengan lebih banyak orang daripada yang dapat Anda miliki di McLaren saat ini. Jadi mobil ini akan memiliki dua kursi tambahan." kata dia.

Baca juga: McLaren siapkan SUV hybrid untuk saingi Rolls-Royce Cullinan

Baca juga: McLaren hadirkan livery terinspirasi dari Senna di GP Monaco


McLaren telah membuat mobil dengan lebih dari dua kursi salah satunya Speedtail 2020 yang memiliki ruang untuk tiga penumpang yang sempit berkat posisi mengemudi di tengah. Namun model masa depan ini jelas dimaksudkan untuk menjadi lebih besar dan lebih praktis.

Tidak mengherankan, itu berarti mobil ini tidak akan dibangun di atas arsitektur supercar serat karbon McLaren yang sudah ada, dengan Leiters mengakui bahwa satu-satunya solusi praktis adalah dengan mendasarkannya pada platform produsen mobil yang lebih besar.

“Saya pikir cara yang cerdas adalah dengan menggandeng mitra teknologi,” ujar Leiters.

Langkah McLaren untuk menyederhanakan struktur kepemilikannya yang sebelumnya rumit kemungkinan besar merupakan bagian integral dari pencarian aliansi ini.

Awal tahun ini telah dikonfirmasi bahwa dana kekayaan negara Bahrain, Mumtalakat, telah mengambil alih 100 persen kepemilikan McLaren: menawarkan saham di perusahaan ini mungkin merupakan bagian integral untuk menciptakan hubungan mendalam yang diperlukan untuk membangun model baru.

Sementara sebagian besar pasar mobil mewah bergerak untuk membuat model-model baru yang sepenuhnya bertenaga listrik, yang diakui oleh Leiters sebagai sebuah pilihan, ia mengatakan bahwa ambisinya adalah bahwa McLaren yang baru akan menggunakan mesin listrik.

Itu karena ia ingin menggunakan salah satu pembangkit listrik supercar yang ada di perusahaan, baik V-6 PHEV yang ada di Artura yang ada saat ini, atau-lebih mungkin, mengingat massa ekstra dari sebuah SUV-PHEV yang lebih kuat yang telah dikonfirmasi oleh McLaren bahwa mereka sedang mengembangkannya untuk pengganti 750S.

“Jika kami membuat PHEV, kami ingin memahami apakah kami dapat menggunakan powertrain kami sendiri, untuk mengintegrasikan powertrain kami ke dalam platform yang sudah ada, itu yang ideal,” imbuh Leiters.

McLaren telah melakukan pembicaraan untuk berkolaborasi dengan BMW, Geely, Hyundai, dan Lucid tahun lalu. Dari semua itu, hanya BMW yang memiliki platform yang jelas akan bekerja untuk kombinasi pembakaran dan tenaga listrik yang direncanakan, seperti yang dibuktikan dengan keberadaan XM.

Leiters mengatakan bahwa mobil baru ini kemungkinan akan dibuat oleh mitra karena biaya dan tantangan untuk mengintegrasikannya ke dalam Pusat Produksi McLaren yang berfokus pada supercar yang ada di Woking.

Namun ia juga mengatakan bahwa, untuk menjadi McLaren yang kredibel, mobil ini harus menawarkan pilihan yang dipesan lebih dahulu dan juga memiliki teknologi mutakhir, mungkin termasuk material canggih untuk mengurangi bobot.

“Atribut utama dari McLaren adalah bobot yang ringan, kami memiliki kompetensi kelas dunia yang dapat kami bawa ke dalam kemitraan, bahkan berbicara tentang elemen struktural platform,” Leiters menambahkan.

Mengenai harga, Leiters berpendapat bahwa mobil ini akan diposisikan di bagian atas segmen yang sudah sangat mahal.

“Kami bisa menempatkannya seperti Ferrari dan Rolls-Royce, yang telah sangat agresif dengan harga mereka pada Purosangue dan Cullinan. Lamborghini dan Aston Martin tidak terlalu agresif dan lebih mengandalkan volume. Saya selalu memilih untuk lebih agresif untuk merek kami, saya pikir itu adalah hal yang tepat untuk dilakukan,” kata dia.

Baca juga: McLarenkini sepenuhnya dikendalikan dana kekayaan negaraBahrain

Baca juga: Vantage Markets Lanjutkan Kemitraan yang Terjalin dengan NEOM McLaren Extreme E Team pada 2024

Baca juga: Tumi Dan Mclaren Berkolaborasi Untuk Merayakan Enam Dasawarsa Mclaren

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024