Jakarta (ANTARA) - Pabrikan mobil sport McLaren menghadirkan model terbarunya, McLaren Sabre, yang merupakan model pesanan khusus yang sangat terbatas dengan total 15 unit untuk pasar di seluruh Amerika Serikat.

Dilansir Autocar, Jumat, Sabre dibuat oleh divisi Operasi Khusus McLaren. Dikatakan, mobil itu mampu mencapai kecepatan 218mph, menjadikannya model two-seater tercepat yang pernah diproduksi merek tersebut.

Meskipun banyak detail teknis dari Sabre belum disediakan, Sabre diprediksi mengeluarkan 824bhp (brake horsepower/daya kuda) dari mesin V8 4.0 liter twin-turbo McLaren yang ikonis. Angka itu 35bhp lebih tinggi dari Senna, dengan angka torsi yang sama yaitu 590lb ft.

Baca juga: Lanzante akan luncurkan Wild McLaren P1 GTR-18

Baca juga: Koleksi mobil Cristiano Ronaldo


McLaren Sabre memiliki modifikasi bodi ekstensif yang dimungkinkan oleh persyaratan homologasi yang relatif longgar di AS.

Sebagai informasi, homologasi adalah pemberian persetujuan atau konfirmasi dari badan hukum yang memiliki otoritas resmi seperti pengadilan, departemen pemerintah, atau badan akademik profesional atas suatu tindakan.
 
McLaren Sabre. (McLaren)


Aero package Sabre dikatakan mencapai "batas baru" melalui sirip bergaya LMP1 yang hadir di tengah atap, ditampah dengan giant rear diffuser dan three-slat wing yang khas.

Pelanggan diduga memiliki andil dalam mengatur dinamika mobil agar sesuai dengan kebutuhan mereka selama pengujian lintasan prototipe awal tahun ini.

Contoh model pertama telah dikirimkan dengan harga yang dirahasiakan, dan diperkirakan mencapai tujuh digit dolar AS. Sementara, 14 contoh lainnya akan hadir di 14 pelanggan lainnya pada beberapa minggu mendatang.

Baca juga: McLaren 720S Le Mans edisi Khusus dibatasi hanya 50 unit

Baca juga: Dipicu COVID-19, McLaren PHK 1.200 pekerja

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020