Jakarta (ANTARA News) - Ternyata Indonesia lebih dulu memiliki mobil buatan Mercedes Benz dibanding Belanda. Mobil tersebut adalah Benz Phaeton buatan 1894 yang dibeli oleh Sri Susuhunan Paku Buwono X, Sunan Surakarta.

Mobil Benz yang saat ini berada di Den Haaq Belanda itu masih utuh dan rodanya terbuat dari kayu.

Karena itu, Menteri Pemuda dan Olahraga sekaligus pengemar mobil Mercedes Benz, Roy Suryo berjanji memulangkan Benz Pheaton 1894 itu ke tanah air.

"Mobil itu saat ini berada di Den Haaq, Belanda. Saya bertekad agar mobil itu bisa dibawa ke Indonesia," kata Roy kepada ANTARA News, Jakarta, Sabtu.

Atas tekadnya itu, Roy meminta bantuan kepada Presiden dan CEO Mercedes Benz Indonesia, Claus Weidner agar ikut membantu memulangkan mobil tersebut yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.

"Insya Allah, mobil pertama di Indonesia itu akan bisa pulang kembali ke Indonesia," kata Roy.

Dengan adanya mobil Benz buatan Jerman itu masuk ke Indonesia, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat Indonesia.

"Kita harus bangga bahwa mobil pertama yang masuk ke Indonesia adalah Mercedes Benz. Bahkan saat ini, mobil Mercedes Benz lebih banyak di Indonesia dibanding negara asalnya, Jerman," pungkas Roy.(*)
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013