Michigan (ANTARA News) - Putih mendominasi warna mobil di tahun 2013, mengalahkan silver yang telah menjadi warna favorit di seluruh dunia dalam satu dekade terakhir.

PPG Industries, pemasok cat otomotif terkemuka menyatakan  bahwa 25 persen dari kendaraan pada 2013 berwarna putih, naik 3 persen dari tahun lalu. Silver dan hitam berada di urutan kedua, masing-masing 18 persen.

Mobil berwarna putih mendominasi Eropa, Amerika Utara dan Asia, namun di Amerika Selatan silver masih merajai warna mobil.

Dominasi warna putih ini tak terlepas dari kontribusi produsen teknologi Apple Inc. yang memiliki toko dan gadget serba putih, yang membuat warna ini terkesan berteknologi tinggi, kata Jane Harrington, manajer mode warna otomotif PPG seperti dikutip  Time.com.

Bagaimana tren warna mobil untuk tahun-tahun berikut? produsen otomotif tengah merancang model warna untuk tahun 2016 dan 2017.

Harrington menunjukkan beberapa pilihan warna menarik, mulai dari pink merah terang yang dikembangkan di Asia hingga abu-abu gelap dengan garis samar hijau.

Harrington beserta timnya menentukan tren warna berdasarkan fashion, warna cat arsitektur dan prediktor lainnya.

Pada tahun-tahun mendatang, ia menyatakan pengemudi akan terbiasa dengan warna-warna mobil yang mencolok.

"Warna, kilau dan vernis mendefinisikan karakter mobil," katanya.

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2013