Jakarta (ANTARA) - Busi adalah komponen penting yang bertugas memicu pembakaran campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin, namun terkadang komponen ini luput dari perhatian pemilik kendaraan.

Ada waktunya busi perlu diganti dengan yang baru, dengan tanda-tanda yang dapat terlihat pada kendaraan, sebagaimana yang dibagikan produsen suku cadang after market otomotif di Indonesia PT Denso Sales Indonesia (DSIA) melalui rilis pers, Kamis.

1. Penurunan kinerja mesin

Busi adalah komponen yang memiliki peran penting pada sistem starter mobil atau proses saat mobil hendak dinyalakan, yaitu memberikan percikan api sebagai pemicu mesin untuk hidup.

Mesin sulit atau tidak langsung menyala saat dihidupkan, adanya getaran yang berlebihan dalam keadaan diam, serta gas terasa berat saat diinjak dapat menjadi ciri pertama busi perlu diganti.

Baca juga: NGK hadirkan busi untuk "mobil sejuta umat"

Baca juga: Busi bermasalah, FAW "recall" 45 ribu sedan B30

2. Mobil mendadak lebih boros dari sebelumnya

Busi yang aus dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar dan mengurangi efisiensi kendaraan.

Jika menyadari mobil mendadak lebih boros dari biasanya, kemungkinan masalah terletak pada busi yang telah usang.

3. Warna asap tidak normal

Kendaraan yang mengeluarkan asap berwarna hitam atau abu-abu gelap dapat mengindikasi pembakaran tidak sempurna akibat busi yang tidak berfungsi dengan baik.

Performa busi dapat terlihat dari perubahan warna busi. Warna busi yang gelap disebabkan oleh proses pembakaran pada ruangan bahan bakar yang kurang sempurna sehingga asap mobil berwarna hitam sedangkan warna busi kemerahan atau kekuningan menandakan bahwa mesin mobil sering melakukan pemanasan secara berlebihan.

4. Suara mesin aneh ketika akselerasi

Perubahan kecepatan mesin akan membuat RPM naik, sehingga mempercepat kerja mesin dan busi harus bekerja dengan lebih cepat pula. Performa busi yang tidak optimal akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna ketika sedang berakselerasi.

Mesin yang mengalami pembakaran yang tidak sempurna bisa mengeluarkan suara yang tidak normal seperti tersendat. Getaran yang tidak biasa juga bisa dirasakan di dalam kendaraan.

Baca juga: Pasang busi ada rambu-rambunya, jika salah akan fatal

Baca juga: Bosch hadirkan busi Super 4 untuk mobil pabrikan Asia

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024