Jakarta (ANTARA News) - Dari tiga mobil yang diluncurkan Tata Motors di Jakarta, Selasa, dua diantaranya menggunakan mesin diesel, yakni MPV Aria dan SUV Safari Storme.

"Penggunaannya mendorong performa kendaraan lebih baik," kata Presiden Direktur PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Biswadev Sengupta di Jakarta, Selasa.

Selain itu, secara ekonomi penggunaan mesin diesel juga dinilai lebih ekonomis.

"Secara ekonomi lebih efisien, harga minyak mungkin saat ini sempat turun tapi dalam beberapa waktu ke depan pasti akan naik lagi," katanya.

Mengusung kendaraan bermesin diesel barangkali merupakan cara produsen kendaraan asal India itu untuk bisa menggelar persaingan bersih dengan produsen otomotif asal Jepang.

Namun, Biswadev mengelak jika disebut berkompetisi dengan produsen asal Jepang yang lebih dulu menguasai pasar di Indonesia.

"Kami tidak bersaing dengan brand Jepang, mereka justru menginspirasi kami sehingga kami menawarkan sesuatu yang berbeda," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Industri Maritim, Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan, Ditjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kemenperin, Soerjono, berharap peluncuran produk baru dari produsen truk dan bus besar asal India itu bisa mendorong industri otomotif tanah air.

"Selain itu, diharapkan juga bisa mendukung teknologi alternatif dan ramah lingkungan yang tengah diusung pemerintah. Belum lagi jika investasi pabrik dan melokalisasi komponen lokal, tentu perusahaan ini bisa mendorong perekonomian Indonesia," katanya.
Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013