Jakarta (ANTARA) - Tata Motors membukukan peningkatan laba pada kuartal kedua tahun fiskal 2023 berkat kenaikan penjualan anak perusahaannya, yakni Jaguar Land Rover (JLR).

Reuters pada Kamis (2/11) mewartakan, pendapatan Tata Motors secara keseluruhan melonjak 32,1 persen menjadi 1,05 triliun rupee yang sebagian besar didorong oleh kenaikan penjualan ritel JLR sebesar 21 persen.

Kenaikan laba itu juga didukung mulusnya usaha patungan Tata Motors dan JLR di China.

Penjualan tiga model JLR yang paling menguntungkan, Range Rover, Range Rover Sport dan Range Rover Defender, melonjak hampir 90 persen.

Model-model itu bahkan menyumbang hampir 60 persen dari keseluruhan penjualan, dibandingkan dengan 37 persen penjualan pada tahun sebelumnya.

Penjualan JLR yang kuat adalah kunci pendapatan Tata karena produsen mobil yang berbasis di Inggris itu menyumbang dua pertiga dari pendapatan Tata sebagai perusahaan induk mereka.

Di sisi lain, penjualan di India juga menyumbang kenaikan pendapatan 22,3 persen dari segmen kendaraan niaga, meskipun pendapatan dari segmen mobil penumpang turun 3 persen.

Baca juga: Tata Motors daftarkan 125 hak paten teknologi

Baca juga: Mahindra-Tata Motor keluhkan pasokan suku cadang karena corona


Baca juga: Tata Motor "tancap gas", langsung kenalkan 6 mobil tahun depan
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023