New Delhi (ANTARA News) - Pabrikan otomotif India, Tata Motors, mengumumkan bahwa desain dan teknologi pada model kendaraan sport utility vehicle (SUV) Tata Harrier akan dirancang oleh arsitek dari Land Rover, kemudian akan dirilis tahun depan.

Tata Harrier akan mengusung tampilan sporty dengan bahasa desain "IMPACT 2.0" yang menerapkan konsep arsitektur "Optimal Modular Efficient Global Advanced", yang dikembangkan D8 Architecture dari Land Rover, menurut keterangan tertulis perusahaan, Senin.

Harrier diharapkan bisa dipasarkan di India mulai awal 2019, kata Tata Motors.

Jaguar Land Rover (JLR) merupakan divisi kendaraan mewah yang diakuisisi Tata Motors pada 2008, sehingga pihak Tata dapat menggunakan teknologi Land Rover dalam pengembangan produknya.

Selain itu, mobil terbaru Tata juga akan diproduksi melalui lini perakitan canggih dan dirancang menggunakan baja berkekuatan tinggi.

Melalui desain dan kerangka mobil yang kokoh itu, Tata ingin menawarkan dinamika berkendara yang kuat saat melintasi lalulintas perkotaan, maupun pada jalanan tidak rata di wilayah desa atau perbukitan.

Terdapat panel isolasi tambahan guna memberikan suasana senyap saat berada di dalam kabin mobil.

Adapun penggunaan baja berkekuatan tinggi memberikan kekuatan pada mobil, sekaligus sebagai perlindungan bagi pengemudi dan penumpang yang berada di dalam mobil apabila terjadi kecelakaan.


Baca juga: Tata-JLR hadirkan tiga model baru dalam lima tahun

Baca juga: JLR pelajari perilaku pejalan kaki lewat "mata" di mobil swakemudi

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018