Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif India, Tata Motor yang tidak mengenalkan mobil baru selama periode "lockdown" COVID-19, berencana menggenjot penjualannya pada semester pertama 2021 dengan mengenalkan enam mobil baru antara lain Gravitas, HBX, Hexa dan tiga model Tata Altros terbaru.

Tata hanya merilis Altroz dan Nexon EV pada awal tahun 2020, atau sebelum India menerapkan lockdown. Untuk itu, Tata berencana mengenalkan satu mobil baru setiap bulan selama semester pertama 2021. Berikut daftar mobil Tata yang akan dirilis semester pertama 2021, dilansir India Economic Times:

Tata Gravitas
Tata Gravitas adalah sport utility vehicle tujuh penumpang yang peluncurannya paling ditunggu. Mobil itu akan memakai platform D8 milik Land Rover, atau akan menjadi varian tertinggi dalam jajaran SUV mereka.

Dari segi ukuran, Tata Gravitas digadang-gadang lebih panjang 63mm dan 80mm lebih tinggi dari Tata Harrier. Sedangkan mesinnya memakai diesel turbo 2.0 liter Kryotec dengan tenaga 170 PS dan torsi 350 Nm.

Tata HBX/Hornbill
Guenter Karl Butschek, CEO dan Managing Director Tata Motors, bersama N Chandrasekaran, Chairman Tata Sons berpose di sisi Tata Motors' HBX compact SUV. (REUTERS/ANUSHREE FADNAVIS)


Tata HBX atau disebut juga dengan nama Tata Hornbill akan menjadi SUV kecil terbaru yang ikut bersaing di pasar India. Tata HBX diposisikan di bawah Tata Nexon karena ukurannya yang lebih kecil.

HBX akan memakai mesin 1.200cc yang sudah dipakai pada Tata Tiago, dengan tenaga 86 PS dan Torsi 113 Nm. Mobil itu akan tersedia dalam opsi transmisi manual 5 kecepatan dan automatic AMT.

Tata Hexa BS6
Tata Hexa BS6 akan hadir sebagai varian yang diposisikan di bawah Tata Gravitas. Namun pabrikan India itu menyebut bahwa Tata Hexa berada sejajar dengan Gravitas, tetapi menawarkan desain yang lebih "galak".

Tata dikabarkan sedang mengevaluasi kemungkinan untuk memasang penggerak 4x4 pada mobil bermesin 2.200cc itu. Penggerak empat roda juga kemungkinan akan memakai transmisi automatic.

Altroz ​​EV, Turbo dan AT
 
Tata Motors Altroz. (REUTERS/DENIS BALIBOUSE)


Setelah diluncurkan pada tahun ini, Tata akan merilis Altroz versi penggerak listrik (EV). Tidak ada perubahan besar pada tampilan eksterior mobil berjenis city car itu.

Tata merilis Altroz versi EV untuk menjangkau konsumen yang membutuhkan mobil listrik dengan harga lebih murah dari Nexon EV.

Dua mobil lain yang akan diluncurkan Tata untuk melengkapi enam model baru mereka adalah Tata Altroz ​​Turbo sebagai pesaing Hyundai i20, serta Tata Altroz ​​Automatic (AT) untuk berkompetisi dengan Maruti Suzuki Baleno, Toyota Glanza, Volkswagen Polo, dan Honda Jazz.


Baca juga: Tata Motor merugi akibat permintaan melemah

Baca juga: Baru enam bulan meluncur, Tata Altroz sudah dapat fitur baru

Baca juga: Mahindra-Tata Motor keluhkan pasokan suku cadang karena corona

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020