Beijing (ANTARA) - Pembangunan perpanjangan terbaru Metro Beijing Jalur 1, yang merupakan jalur metro perkotaan pertama di China yang dibuka pada 1969, dimulai pada Kamis (18/1), demikian disampaikan otoritas setempat.

Perpanjangan itu akan membentang sekitar 21 kilometer ke pinggiran barat daya Beijing, dan sembilan stasiun akan ditambahkan guna meningkatkan jaringan metro perkotaan kota itu, menurut Kantor Pusat Pembangunan Proyek-Proyek Utama Beijing.

Metro Beijing Jalur 1 dirancang dan dibangun secara mandiri oleh China, dan mulai beroperasi pada Oktober 1969. Jalur itu telah mengalami beberapa kali perpanjangan dalam beberapa tahun terakhir, menghubungkan area inti ibu kota China dan subpusatnya, kata kantor pusat itu.

Perpanjangan terbaru tersebut juga akan membantu membebaskan Beijing dari fungsi-fungsi nonesensial atas perannya sebagai ibu kota negara, dan memfasilitasi pembangunan yang terkoordinasi secara regional.

Per Desember 2023, total jarak tempuh angkutan kereta perkotaan Beijing mencapai 836 kilometer, menduduki peringkat pertama di China. 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024