Beijing (ANTARA) - Pemerintah pusat China berencana mengalokasikan dana untuk mendukung proyek percontohan guna meningkatkan fasilitas pengisian daya untuk kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) di berbagai wilayah.

"Hal ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan fasilitas pengisian daya di daerah pedesaan di negara ini, mengoptimalkan lingkungan untuk konsumsi NEV, dan memanfaatkan potensi konsumsi NEV di daerah pedesaan," kata Fu Jinling, seorang pejabat kementerian keuangan.

Investasi yang dijanjikan dalam fasilitas pengisian daya di daerah pedesaan adalah bagian dari upaya berkelanjutan China untuk mendorong konsumsi, investasi baru, dan transisi rendah karbon sesuai dengan rencana aksi pemerintah untuk mendorong peningkatan peralatan berskala besar dan tukar tambah barang konsumsi.

Peningkatan dan tukar tambah tersebut diperkirakan akan menghasilkan permintaan konsumsi sebesar triliunan yuan setiap tahun.

Data industri dari Aliansi Promosi Infrastruktur Pengisian Daya Kendaraan Listrik China menunjukkan adanya penambahan 716.000 tiang pengisian daya di China selama periode Januari-Maret 2024, naik 13,2 persen secara tahunan (year on year), dan mengonfirmasi stok agregat sekitar 9,31 juta tiang pengisian daya di seluruh negeri per Maret tahun ini.

Meski demikian, aliansi itu melihat ketidakseimbangan, dengan daerah pedesaan yang tertinggal jauh dari daerah perkotaan dalam hal ketersediaan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik.

Pada konferensi pers sebelumnya pekan lalu, Fu mengatakan pemerintah juga akan menawarkan subsidi secara langsung kepada konsumen yang mengganti kendaraan penumpang beremisi tinggi dengan model yang lebih ramah lingkungan. 


 
Pewarta:
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024