Jakarta (ANTARA) - Volkswagen Anhui, keturunan aliansi otomotif Jerman-Tiongkok, dikabarkan telah memulai produksi untuk kendaraan Cupra Tavascan yang ditujukan untuk pasar Benua Biru Eropa.

Aren EV, Minggu (31/12), mengabarkan bahwa perusahaan yang didirikan pada tahun 2017 sebagai hasil kolaborasi antara Volkswagen dan Anhui Jianghuai Automobile Group (JAC) itu memanfaatkan kehebatan rantai industri lokal dalam manufaktur kendaraan listrik yang dirancang untuk memenuhi selera konsumen Eropa dan Tiongkok.

Kerja sama itu merupakan langkah yang menarik dan merupakan bagian dari strategi besar Volkswagen untuk elektrifikasi jajaran produknya yang fokus khusus pada pasar kendaraan listrik yang sedang berkembang di Tiongkok.

Baca juga: Volkswagen akan luncurkan 4 kendaraan listrik di China pada 2026

Produksi Tavascan bertepatan dengan peresmian pabrik MEB ketiga Volkswagen Anhui di Cina. Pabrik tersebut mulai beroperasi pada April 2021 dan mulai marak digunakan pada Maret 2022.

Cupra Tavascan yang disiapkan untuk pelanggan Eropa, semula dirancang khusus untuk pasar Tiongkok. Mobil itu dijadwalkan akan bergabung di jalur perakitan pada 2024 mendatang.

Jejak Volkswagen di Tiongkok telah berlangsung selama empat dekade, dengan dua perusahaan patungan, SAIC-Volkswagen dan FAW-Volkswagen, yang menikmati kesuksesan di era yang berpusat pada bahan bakar.

Ketika lanskap otomotif global condong ke arah elektrifikasi, Volkswagen Anhui muncul sebagai upaya perusahaan untuk tetap relevan di pasar yang saat ini berubah dengan cepat.

Dengan total investasi sebesar 23,1 miliar yuan yang dialokasikan untuk Anhui, Volkswagen tidak hanya memproduksi mobil, tetapi, juga membentuk masa depan mobilitas listrik di wilayah tersebut.

Anhui, khususnya Hefei, bukan sekadar pusat produksi. Merek itu adalah pusat global pertama Volkswagen untuk penelitian dan pengembangan kendaraan energi baru, inovasi, dan pengadaan komponen di luar kantor pusatnya di Jerman.

Baca juga: Volkswagen hentikan produksi kendaraan listrik di Jerman

Baca juga: Stasiun pengisian daya NEV multifungsi atasi masalah kekurangan akses

Baca juga: BYD hadirkan pabrik baru di Eropa

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024