Jakarta (ANTARA News) - Menjelang peluncuran BMW i3 terbaru, BMW menyebarluaskan rincian lebih lanjut mengenai kecanggihan mobil bertenaga listrik tersebut.

Seperti dilaporkan Greencarreports, i3 merupakan hatchback lima pintu dengan baterai motor listrik yang menghasilkan daya 125-kilowatt (170 tenaga kuda) dengan torsi puncak dari 184 lb-ft.

BMW menyebut kendaraan itu dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 7 detik.

BMW mengatakan kendaraan itu dapat menempuh "80 sampai 100 mil" untuk satu kali baterai isi penuh.

Setting "Eco Pro" dapat menambah efisiensi  sekitar 12 persen.

Baterai i3 disebut berisi "sekitar 22 kilowatt-jam" dengan 4 mil untuk setiap kwh.Baterai i3 seberat 450 pound berisi lithium-ion.

Perbandingan berat belakang dan depan "hampir 50 : 50". Roda belakang juga mendapat pasokan tenaga dari motor listrik.

Tersedia juga mesin opsional 650cc yang akan memasok listrik untuk baterai jika kekuatannya tersisa pada persentase tertentu.

Mesin bensin dua silinder yang dengan kekuatan 34 tenaga kuda itu terletak di bagian belakang tapi tidak menganggu kapasitas bagasi.

Rencananya, i3 model 2014 akan diperkenalkan di New York City pada 29 Juli.

Dengan peluncuran tersebut, BMW akan menjadi pabrikan besar keempat yang memproduksi massal kendaraan listrik, setelah Tesla, Nissan, dan General Motors.

Bodinya terbuat dari carbon-fiber-reinforced plastic (CFRP). BMW i3 model 2014 akan menjadi kendaraan massal pertama yang menggunakan serat karbon sebagai dasar cangkang bodi.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013