Bekasi (ANTARA) - PT Astra International Tbk (Astra) kembali menggelar "Workshop Lingkungan Astra 2023" meliputi kegiatan jelajah inspirasi Kampung Berseri Astra (KBA) sebagai bentuk dukungan pemberdayaan masyarakat sekaligus bentuk kolaborasi kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup.

“Kegiatan 'Workshop Lingkungan Astra' sudah memasuki pelaksanaan tahun ke-14. KBA Pekayon ini salah satu dari sebanyak 194 KBA yang ada di seluruh Indonesia. Astra juga membina juga Desa Sejahtera Astra yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 1.060 desa. Ini merupakan usaha kami untuk selalu mengajak masyarakat terlibat dalam pengembangan kampung atau desa mereka,” kata Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto di KBA Pekayon Bekasi, Kamis.

Astra bertandang ke KBA Pekayon, Bekasi, Jawa Barat untuk "Workshop Lingkungan Astra 2023" kali ini, wilayah itu menaungi 3.300 jiwa di empat Rukun Warga (RW) di tempat seluas 17 hektare. Kampung Berseri Astra Pekayon mendapatkan pengarahan, pendampingan, dan dukungan dari Astra dalam berbagai macam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup, di antaranya pelatihan produksi batik eco-print, jamu rumahan, camilan sehat, kreasi kain perca, dan eco-enzime.
 
Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto saat memberi sambutan dalam kegiatan "Workshop Lingkungan Astra 2023" di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/11). (ANTARA/Ahmad Faishal)
 

Boy mengatakan bahwa KBA Pekayon merupakan salah satu kampung yang menjadi bagian Program Kampung Iklim atau ProKlim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hingga kini, dari jumlah 194 KBA yang mendapatkan dukungan dari Astra, terdapat sebanyak 83 kampung yang sudah menjadi KBA ProKlim.

“Salah satunya di Pekayon ini karena merupakan kampung yang bersama-sama masyarakat terlibat langsung memitigasi perubahan iklim. Ini luar biasa usaha dari teman-teman, terutama ibu-ibu yang konsisten untuk bergerak bersama memajukan kampung,” tutur Boy.

Dia berharap bahwa kegiatan "Workshop Lingkungan Astra 2023" dapat tetap memberikan manfaat dan pelajaran untuk saling membagikan inspirasi positif mengenai pentingnya aksi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Mudah-mudahan bisa menjadi manfaat untuk menyebarkan informasi ini kepada teman-teman. Ini harus menjadi inspirasi untuk masyarakat luas di luar sana yang belum tahu atau melakukan apa yang sudah dilaksanakan oleh teman-teman di Pekayon ini,” imbuh Boy.
 
Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto (kanan) menerima cendera mata dari Ketua KBA Pekayon Eko Purwanto (kiri) dalam rangkaian kegiatan "Workshop Lingkungan Astra 2023" di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/11). (ANTARA/Ahmad Faishal)


Ketua KBA Pekayon Eko Purwanto mengungkapkan bahwa gerakan peduli terhadap kelestarian lingkungan di wilayahnya sudah dimulai sejak lama, tepatnya pada tahun 2013. Kala itu, sekelompok ibu memulai gerakan untuk menjaga keindahan dan kerapian lingkungan.

Setelah berjalan selama sekitar 10 tahun, Eko melanjutkan, mereka bertemu dengan Astra yang memang mempunyai sebuah program kepedulian lingkungan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Di sinilah kami berjumpa dengan semangat yang sama, tidak hanya pemberdayaan masyarakat, namun, juga kecintaan terhadap lingkungan yang serius. Sekarang ini kita menghadapi momentum luar biasa yaitu terjadinya perubahan iklim. Baru dua hari ini saya baca berita bahwa rekor dunia, sudah terjadi kenaikan dua derajat suhu iklim dunia,” kata dia.

KBA Pekayon, Eko melanjutkan, memiliki unit khusus yang berfokus pada peduli iklim. Usaha serius tersebut membuahkan hasil ketika selama tiga tahun berturut-turut yaitu sejak tahun 2018, KBA Pekayon mendapatkan predikat sebagai ProKlim Utama dan merengkuh peringkat tertinggi ProKlim Lestari pada tahun 2022.
 
Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto (kiri) bersama pengurus KBA Pekayon memamerkan batik eco-print dalam rangkaian kegiatan "Workshop Lingkungan Astra 2023" di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/11). (ANTARA/Ahmad Faishal)


"Ini adalah sebuah semangat baik dari masyarakat dan dukungan penuh Astra untuk maju bersama menyelamatkan bumi ini. Kemitraan antara masyarakat dan pihak Astra selama 8 tahun ini berjalan dengan sangat komprehensif dan penuh kesungguhan. Astra punya banyak tim yang berdedikasi melakukan pendampingan terhadap kami," kata Eko.

Eko mengapresiasi dukungan dari setiap lapisan masyarakat dan berharap kerja sama dengan Astra dapat terus berjalan baik pada masa mendatang.

"Tidak hal lain yang bisa kami ucapkan selain terima kasih dan apresiasi tinggi kepada pihak Astra, semua pemangku kepentingan, dan anggota masyarakat di lingkungan ini pada umumnya atas segala karya dan prestasi KBA sampai saat ini," kata Eko.

Baca juga: Lima pemuda inspiratif terima SATU Indonesia Awards 2023 Astra

Baca juga: AHM buka layanan pengecekan rangka eSAF motor Honda

Baca juga: Program khusus dan upaya literasi Astra Financial di GIIAS 2023

Baca juga: Astra Infra pastikan kesiapan jalan tol hadapi libur Nataru 2023/2024
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023