Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal Italia kembali menghadirkan gebrakan baru dengan meluncurkan Piega 452, sebuah motor bergaya naked streetfighter yang diyakini bakal memenuhi standar A2 dan dapat menarik perhatian penggemarnya.

Rideapart pada Senin mengabarkan bahwa perusahaan Italia itu akan terjun ke situasi yang agak berbahaya pada model tahun 2024. CFMoto telah menyiapkan 450-nya dan siap digunakan di berbagai segmen.

Lalu ada juga pabrikan Jepang, Honda yang akan memberikan beberapa pembaruan pada jajarannya, KTM memiliki jajaran 390 yang diperbarui, Aprilia memamerkan RS 457-nya untuk pertama kalinya, demikian juga Kawasaki memiliki jajaran baru untuk versi 500-an mereka.

Baca juga: Suzuki segera luncurkan SV650 2023 di Italia dengan tiga warna baru

Meski begitu, tidak memudarkan niat dari F.B Mondial untuk bermain di dalam kolam yang sama dengan pabrikan besar lainnya yang sudah lebih eksis di pasar otomotif.

Pabrikan Italia tersebut sangat yakin bahwa senjata yang dimilikinya saat ini yakni Piega 452 ini memiliki beberapa keunggulan yang mungkin akan menguntungkannya.

Keunggulan Piega 452 adalah desainnya yang unik seperti saudaranya yang 125cc. Segala sesuatu yang ada di motor ini cukup baru, mulai dari sistem pembuangan ganda hingga desain lampu depan yang menarik, fairing di samping dan bawah sasis, dan yang paling penting hadirnya lengan ayun satu sisi.

Bahkan sebagai sepeda motor untuk A2, Piega memperlihatkan tampilan yang agak eksotis, menjadikannya sebagai sepeda motor yang cukup mengesankan untuk dilihat dibandingkan dengan barang "standar" yang dihadirkan oleh nama-nama besar lainnya.

Baca juga: Menperin apresiasi investasi baru raksasa otomotif asal Italia

Dari segi mesin, motor ini dibekali dengan motor kembar paralel 449,5cc yang menghasilkan 47 tenaga kuda dan torsi 28,76 Nm dan dikawinkan dengan transmisi enam kecepatan.

Soal handling hardware, F.B Mondial membekalinya dengan setup garpu terbalik berdiameter 41 milimeter (1,6 inci) dengan monoshock di bagian belakang. Calon konsumen juga dapat menemukan kaliper Brembo empat piston di bagian depan yang sangat mengesankan untuk segmen ini.

F.B Mondial juga membekali motor ini dengan pelek berukuran 110/70 dan 150/60. F.B Mondial Piega 452 mendapat ban depan lebar 120/70 dengan pelek aluminium cor 17 inci, sedangkan bagian belakang mendapat ban lebar 160/60, juga dengan pelek cor 17 inci.

Baca juga: Museum Laverda hadirkan deretan sepeda motor bersejarah Italia

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023