Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor Corp. membukukan rekor angka produksi dan penjualan global untuk paruh fiskal pada periode April-September, seiring produksi meningkat karena terpenuhinya kebutuhan chip.

Toyota memproduksi 5,06 juta kendaraan di seluruh dunia pada semester pertama fiskal, naik 12,8 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, mencapai rekor tingkat produksi untuk pertama kalinya dalam empat tahun.

Peningkatan ketersediaan chip membantu produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan volume itu menjual 5,17 juta kendaraan di dalam negeri Jepang dan luar negeri dalam enam bulan yang berakhir pada bulan September, naik 9,1 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Toyota debut teknologi baterai solid-state dan bipolar pada 2027-2028

Ini adalah pertama kalinya produsen mobil Jepang tersebut melihat produksi dan penjualannya melampaui angka 5 juta pada semester pertama fiskal, karena mereka bertujuan untuk memproduksi dan menjual lebih dari 10 juta kendaraan untuk setahun penuh yang berakhir pada bulan Maret.

Outputnya didorong oleh peningkatan produksi di Amerika Utara dan Jepang, sementara di Tiongkok turun 7,3 persen karena penurunan penjualan di negara tersebut di tengah semakin ketatnya persaingan dari pesaing dalam negeri Jepang.

Penjualan Toyota tumbuh karena kuatnya permintaan di Jepang dan luar negeri, termasuk Amerika Utara dan Eropa. Penjualan domestiknya melonjak 33,8 persen menjadi 790.168 kendaraan dan penjualan luar negeri naik 5,5 persen menjadi 4,38 juta unit.

Baca juga: Saingi Cina dan Korea, tahun depan Toyota siapkan fitur canggih

Penjualan kendaraan listrik Toyota melonjak tujuh kali lipat menjadi 58.984 unit secara global pada periode tersebut setelah meluncurkan model baru untuk memperluas jajaran kendaraan bebas emisinya.

Produsen mobil tersebut menjual 1,83 juta kendaraan listrik, hibrida, dan jenis kendaraan bertenaga baterai lainnya, naik 38,1 persen.

Produksi dan penjualan global Toyota pada bulan September juga mencapai rekor tertinggi. Output bulanan tumbuh 1,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 900.919 unit sementara penjualan meningkat 11,6 persen menjadi 921.308 mobil.

Penjualan global delapan produsen mobil besar Jepang, termasuk Toyota, pada periode April-September naik 7,8 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 12,30 juta unit, dengan tujuh perusahaan mencatat penjualan lebih tinggi.

Mitsubishi Motors Corp., yang baru-baru ini mengumumkan keluarnya mereka dari pasar China, melaporkan penurunan penjualan pada periode tersebut karena melemahnya penjualan di negara Asia di tengah meningkatnya tekanan pasar.

Penjualan global Honda Motor Co. meningkat 7,5 persen menjadi 1,97 juta unit, didorong oleh kuatnya penjualan di Amerika Serikat. Penjualan Nissan Motor Co tumbuh 5,5 persen menjadi 1,65 juta mobil. Demikian disiarkan Kyodo, Senin (30/10).

Baca juga: Toyota prediksi mobil listrik dominasi 30 persen kendaraan di ASEAN
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023