Jakarta (ANTARA) - Samsung SDI mengumumkan bahwa mereka akan memasok baterai kendaraan listrik (EV) kepada Hyundai Motor selama tujuh tahun mulai tahun 2026, menandai kesepakatan pasokan baterai pertama antara kedua perusahaan ini.

"Kesepakatan pasokan terbaru ini menandai kemitraan pertama yang pernah ada antara Samsung dan Hyundai Motor Group di bidang baterai kendaraan listrik," kata Samsung SDI dalam sebuah pernyataan.

Pembuat baterai ini, yang di antaranya memasok ke General Motors Co, Stellantis, dan BMW, menambahkan bahwa mereka akan memasok baterai prismatic yang diproduksi di pabrik mereka di Hungaria untuk kendaraan listrik Hyundai yang ditujukan untuk pasar Eropa mulai tahun 2026 hingga 2032.

Baca juga: GM dan Samsung SDI berencana bangun pabrik baterai baru di AS

Samsung SDI dan Hyundai Motor tidak mengungkapkan mengenai besaran kesepakatan tersebut.

Namun, sumber industri yang akrab dengan masalah ini mengatakan kepada Reuters bahwa Samsung SDI kemungkinan akan memasok baterai kendaraan listrik yang dapat menggerakkan sekitar 500.000 kendaraan listrik dalam tujuh tahun mendatang.

Saham Samsung SDI turun 1,2 persen dibandingkan dengan penurunan 0,2 persen pada indeks KOSPI hingga pukul 0050 GMT. Demikian disiarkan Reuters, Senin (23/10) waktu setempat.

Baca juga: Samsung SDI akan bangun pabrik baterai kedua di AS bersama Stellantis

Baca juga: Samsung SDI akan belanjakan Rp30,5 triliun untuk pabrik baterai di AS

Baca juga: Samsung SDI - GM akan bangun pabrik baterai EV di Indiana
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023