Jakarta (ANTARA) - Melalui misi “Progress for Humanity”, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan lima tips yang dapat membantu para perempuan dalam mencegah dan mengatasi masalah kendaraan atau masalah darurat lain saat berkendara, baik ketika menggunakan mobil bensin maupun listrik.

"Semoga tips yang kami sampaikan ini bisa banyak membantu teman-teman perempuan saat menghadapi kondisi-kondisi darurat saat berkendara dan tidak lagi perlu takut atau panik," ujar Head of Planning and Strategy After Sales Service Department HMID Suprayetno ditemui di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu.

Persiapan sebelum berkendara

Untuk mencegah masalah pada mobil saat berkendara, misalnya mogok di tengah jalan, pengemudi perlu rutin mengecek kondisi kendaraan sebelum dikendarai.

Persiapan lain yang perlu dilakukan sebelum berkendara adalah cek kelengkapan surat dan mengatur jok, kaca spion, dan sabuk pengaman supaya pengemudi mendapatkan posisi mengemudi senyaman mungkin.

Gunakan juga aplikasi resmi dari merek mobil untuk mengecek kondisi kendaraan, misalnya status pengisian baterai pada mobil listrik.

Baca juga: Tips aman berkendara dengan sepeda motor listrik

Mengemudi dengan bijak

Cara berkendara yang aman juga perlu diterapkan agar tidak terjadi masalah saat berkendara.

Mengemudi dengan bijak sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan di jalan, beberapa di antaranya mengatur kecepatan kendaraan, tidak tergesa-gesa dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan menjaga jarak aman antar kendaraan.

Tetap tenang saat darurat

Jika mobil tiba-tiba tersendat atau mogok di tengah jalan, sebisa mungkin mengontrol diri dari rasa panik.

Saat mobil menunjukkan keanehan seperti akselerasi yang tertahan atau transmisi yang tidak halus, kurangi kecepatan kendaraan dan menepi ke pinggir jalan di lokasi yang aman.

Nyalakan juga lampu hazard (segitiga warna merah) untuk menunjukkan bahwa mobil sedang mengalami masalah.

Setelah itu, pengemudi bisa menghubungi layanan darurat agar mendapatkan bantuan yang diperlukan dalam mengatasi masalah pada mobil.

Rawat kendaraan secara rutin

Untuk menghindari berbagai masalah mobil dalam jangka panjang, termasuk mencegah mogok, penting bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan kendaraan secara rutin.

Pastikan untuk selalu rajin melakukan perawatan berkala tepat waktu di bengkel-bengkel resmi. Pastikan juga untuk selalu menggunakan suku cadang resmi agar kualitas komponen kendaraan tetap terjaga.

Baca juga: Kendarai mobil listrik saat hujan, apa yang perlu diperhatikan?

Baca juga: Kiat aman terhindar dari kejahatan selama berkendara

Baca juga: Teknik pengereman motor untuk hindari bahaya

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024