Jakarta (ANTARA) - Chief Operating Officer Subaru Indonesia Arie Christopher mengatakan penjualan Subaru Indonesia naik hingga hampir 300 persen dibanding tahun lalu, dan mayoritas pelanggannya adalah usia muda.

“Proyeksi penjualan kami lebih bagus hampir 300 persen dari tahun lalu. Faktornya karena memang Subaru punya pelanggan yang setia, memang benar-benar punya penggemar,” kata dia, di Jakarta, Rabu (18/10).

Adapun tulang punggung perusahaan otomotif asal Jepang yang memiliki spesialisasi kendaraan penggerak empat roda (All Wheel Drive/AWD) itu adalah Subaru Crosstrek dan Subaru Forester.

Baca juga: Subaru luncurkan Crosstrek AWD edisi terbatas, hanya 15 unit

Arie menyebut, tujuh puluh persen pembeli Subaru di Indonesia adalah kustomer baru, dan tiga puluh persennya adalah pelanggan setia.

“Artinya komunikasi (mengenai produk) kami sudah mulai diterima, 70 persen new buyer, 30 persennya adalah pelanggan setia yang mereka melakukan pembelian berulang,” kata dia.

Rentang usia konsumen Subaru di Indonesia bervariasi, namun, Arie mengatakan mayoritas konsumennya juga berasal dari usia muda.

“Kalau Subaru Crosstrek lebih ke orang yang lebih muda, usianya kurang lebih 30-an, konsumen Subaru BRZ dan WRX itu juga rata-rata ada usia di bawah 30-an,” jelas Arie.

Baca juga: Hadir di GIIAS 2023, Subaru luncurkan SUV "flagship" Outback

Meski belum mengungkap detail data penjualannya pada 2023, Subaru Indonesia menargetkan penjualan menembus 535 unit sampai akhir tahun ini. Di sepanjang 2022, penjualan Subaru tercatat mencapai 214 unit.

Lebih lanjut, Subaru Indonesia, Rabu, juga meluncurkan Subaru Crosstrek versi AWD edisi khusus yang hanya diproduksi sebanyak 15 unit di Tanah Air.

Selain menjadi produk terlaris dari Subaru di Indonesia, perilisan Crosstrek edisi khusus itu juga dalam rangka memperingati 50 tahun edisi AWD Subaru.

“Rasanya hanya Subaru jenama otomotif di dunia yang konsisten mengembangkan All Wheel Drive selama 50 tahun, dan Subaru menerapkan AWD di hampir seluruh lini produknya, karena spesialisasi kami adalah AWD dan boxer engine,” kata Arie menambahkan.

Baca juga: Subaru x The North Face hadirkan koleksi kapsul untuk kegiatan outdoor

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023