Jakarta (ANTARA) - Pemerintah bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Pertamina, BNI, Bank Mandiri, PLN, BTN, dan Taspen beserta pihak swasta seperti Aprilia, Astra Honda Motor (AHM), dan KYT siap menyukseskan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023.

Berbagai proses persiapan hingga pra-acara menjelang balapan di Sirkuit Mandalika telah dilakukan untuk menyambut momentum yang sangat dinantikan oleh pencinta olahraga balap motor di seluruh dunia tersebut.

"Dukungan dari Pemerintah dan BUMN merupakan bukti komitmen bersama untuk menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika. Kami mengapresiasi dukungan pihak swasta yang turut menopang kelancaran persiapan, event tambahan, hingga puncak race nanti," ujar Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Reza Warokka lewat keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (11/10).

Baca juga: Sirkuit Mandalika ditutup jelang Indonesian GP 2023

Troy menjelaskan bahwa ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika telah melakukan persiapan kawasan seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas (mobil & motor), gate kawasan, serta layanan transportasi dan pengaturan arus lalu lintas untuk memudahkan akses penonton event MotoGP 2023 agar kegiatan berjalan lebih baik dari event sebelumnya.

"Selain itu kami juga melengkapi fasilitas di kawasan dengan membangun Masjid Al-Hakim, Kuta Lane, dan Bazaar Mandalika yang merupakan salah satu wujud apresiasi bagi masyarakat untuk menampilkan produk-produk UMKM. Ke depan, kami akan terus mengembangkan fasilitas pendukung di kawasan yang dapat menguatkan KEK The Mandalika sebagai destinasi utama sport tourism di Indonesia," tutur dia. 
 
Pemerintah bersama Badan Usaha Milik Negara beserta pihak swasta siap menyukseskan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023. (ANTARA/HO/Dyandra Promosindo)


Baca juga: Tingkat hunian hotel jaringan BUMN meningkat jelang MotoGP

Sementara itu Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menjelaskan seluruh persiapan akhir Indonesian GP 2023 sudah hampir rampung 100% yang mencakup persiapan sirkuit, paddock, dan pit lane balapan. Pelatihan para marshal atau petugas yang membantu di dalam sirkuit saat balapan berlangsung juga terus dimatangkan. 

"Sesi pelatihan tersebut dilakukan langsung oleh FIM dan IMI yang dimulai pada Senin 9 Oktober 2023 dengan melibatkan 35 marshal. Untuk 3 hari berikutnya hingga 12 Oktober 2023 atau sehari menjelang sesi latihan bebas dimulai, pelatihan tersebut akan diikuti oleh 380 marshal," jelas dia. 

Selain persiapan di dalam sirkuit, persiapan untuk area penunjang seperti area parkir, panggung hiburan, dan tenda UMKM juga hampir rampung. Pihak penyelenggara memastikan seluruh persiapan berjalan lancar demi kepuasan penonton yang hadir menyaksikan Indonesian GP 2023. 

"Persiapan non-race, termasuk untuk side event sudah hampir rampung. Jadi, kami pastikan semuanya selesai saat para penonton mulai datang ke Sirkuit Mandalika sehingga mendapat pengalaman terbaik dalam ajang Indonesian GP 2023," kata Presiden Direktur Dyandra&Co, Daswar Marpaung.

Baca juga: MotoGP diharapkan kokohkan posisi NTB jadi destinasi wisata olahraga
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023