Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pembalap yang akan memeriahkan ajang Indonesian GP 2023 urun tenaga dalam aksi bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang sebagai komitmen mereka dalam menjaga lingkungan dan memberikan dukungan kepada masyarakat sekitar di Pantai Kuta Mandalika.

Kegiatan yang dimulai pada Kamis (12/10) pukul 09.00 WITA itu diawali dengan pemberian panduan khusus bagi para pembalap sebelum mereka melakukan penanaman terumbu karang yang dilakukan di dasar laut pada kedalaman hingga 10 meter. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan MGPA dan Dyandra&Co. yang menggagas aksi sosial tersebut memastikan kegiatan terintegrasi dengan baik dalam ekosistem Sirkuit Mandalika dan berdampak positif pada lingkungan sekitar.

"ITDC sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Mandalika berkomitmen untuk menjalankan inisiatif konservasi lingkungan, salah satunya dengan penanaman terumbu karang atau coral planting," kata Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Beberapa pembalap MotoGP yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini di antaranya Takaaki Nakagami, Fabio Di Giannantonio, Somkiat Chantra, Ai Ogura, dan Ayumu Sasaki.

ITDC juga berperan dalam memastikan kegiatan tersebut selaras dengan visi pengembangan pariwisata dan keberlanjutan jangka panjang sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh komunitas lokal dan industri pariwisata secara keseluruhan. Ema menambahkan bahwa kegiatan penanaman terumbu karang di The Mandalika merupakan bagian integral dari strategi berkelanjutan ITDC dalam mengembangkan kawasan tersebut.

"Melalui kolaborasi dengan para pemangku kepentingan lokal dan pihak-pihak terkait, ITDC memastikan bahwa program ini tidak hanya berdampak positif pada ekosistem laut, namun juga berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat sekitar," kata Ema.
 
Sejumlah pembalap Indonesian GP 2023 urun tenaga ikut ambil bagian dalam aksi bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang di Pantai Kuta Mandalika, Kamis (12/10/2023). (ANTARA/HO/Dyandra)


Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengungkapkan bahwa para pembalap bergabung dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang sebagai upaya untuk menunjukkan kepedulian tinggi terhadap lingkungan sekitar.

"Kegiatan ini jadi pernyataan kami dan para rider bahwa semangat untuk menjaga lingkungan sekitar harus tetap dijaga. Ini juga jadi bagian dari tanggung kami kepada masyarakat sekitar yang terus mendukung kelancaran ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika,” ujar Priandhi.

Ajang MotoGP Mandalika dimulai hari ini diawali dengan sesi latihan 1 untuk kelas Moto3 mulai pukul 09.00 WITA dan dilanjutkan sesi latihan pertama untuk kelas Moto2. Sementara itu, para pembalap di kelas MotoGP dijadwalkan memulai latihan bebas (FP1) pukul 10:45 WITA yang dilanjutkan FP1 Idemitsu Asia Talent Cup.

Selanjutnya, para rider Moto3 dan Moto2 akan kembali turun melakukan sesi latihan kedua diikuti oleh sesi latihan untuk kelas MotoGP. Hari pertama tersebut akan diakhiri oleh FP2 Idemitsu Asia Talent Cup yang dijadwalkan selesai jelang pukul 17.00 WITA.

Sedangkan untuk hari kedua, para pembalap kelas Moto3 akan memulai sesi latihan ketiga sejak pukul 08:40 WITA, dilanjutkan latihan ketiga untuk kelas Moto2. Riders kelas MotoGP kemudian akan mulai melakukan FP2, kualifikasi 1, dan kualifikasi 2.

Berikutnya akan diadakan kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup, disusul oleh kualifikasi 1 dan 2 untuk kelas Moto3 dan Moto2. Pada sore hari, Sprint Race dijadwalkan pada pukul 15.00 WITA, kemudian dilanjutkan Idemitsu Asia Talent Cup akan memulai sesi race 1.

Pada hari terakhir yaitu 15 Oktober 2023, kegiatan akan dimulai dengan race 2 Idemitsu Asia Talent Cup mulai pukul 09:45 WITA, disusul pemanasan dan sesi Rider Fan Parade oleh para pembalap kelas MotoGP. Sesi balapan Moto3 akan dimulai pukul 12.00 WITA, disusul sesi race Moto2 pada pukul 13.15 WITA. Adapun race untuk kelas MotoGP akan dimulai pukul 15.00 WITA.

Baca juga: Marquez hingga Mario Aji, pembalap dunia MotoGP sapa masyarakat NTB

Baca juga: Pertamina diharapkan dorong Lombok jadi tujuan "sport tourism"

Baca juga: Sirkuit Mandalika jauh lebih siap gelar MotoGP 2023

Baca juga: Rins hingga Alex Marquez siap "comeback" di MotoGP Mandalika
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023