Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian (Persero) menghadirkan produk pembiayaan terbarunya yakni Pegadaian berbasis syariah yaitu ‘Amanah’ guna memberikan kemudahan kepada konsumen otomotif yang hendak beralih ke kendaraan elektrifikasi.

Hal ini dimaksudkan oleh Pegadaian untuk bisa mendukung program pemerintah dalam meningkatkan efisiensi konservasi energi dan kepedulian terhadap lingkungan. melalui hadirnya ekosistem kendaraan elektrifikasi.

“Misi khusus yang kita bawa ke Kustomfest tahun ini adalah untuk memperkenalkan produk pembiayaan Pegadaian berbasis syariah yaitu ‘Amanah’, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan listrik. Dan hingga saat ini, Kita sudah bekerjasama dengan beberapa merek sepeda motor listrik yang jumlahnya mencapai 1000 unit dengan insentif pemerintah,” kata Pimpinan PT Pegadaian Wilayah Semarang Nuril Islamiah dalam keterangan resminya, Selasa (10/10).

Baca juga: Mengenal fitur “regenerative braking” pada mobil listrik

Dalam program pembiayaan produk terbarunya, Pegadaian juga melayani konsumen yang ingin membeli kendaraan kustom yang sudah melakukan konversi ke kendaraan elektrik melalui pembiayaan Multiguna pegadaian.

Dalam hal ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan salah satu brand ternama dalam ekosistem konversi yakni Elders Elettrico untuk membantu dan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memiliki motor listrik tanpa harus beli motor baru.

“Untuk bisa mengikuti program pembiayaan multiguna ini, masyarakat bisa menggunakan Emas, STNK atau BPKB sebagai jaminan, kemudian nasabah bisa langsung mendapatkan paket kit konversi listrik dari Elders Elettrico untuk di pasangkan,” ucap Nuril.

Menurut dia, Elders Elettrico merupakan salah satu bengkel konversi yang memiliki sertifikasi dari pemerintah. Bekerjasama dengan band papan atas Slank, mereka telah meluncurkan program konversi 4040 Ride to Better Future sebagai upaya mendukung percepatan pertumbuhan konversi motor listrik serta merayakan 40 tahun perjalanan Slank di dunia musik Indonesia.

Baca juga: Mobil listrik pertama Xiaomi dilaporkan dapat dukungan Apple Car play

“Elders Elettrico menggandeng Slank karena memiliki visi dan misi sama dengan berwawasan lingkungan serta mendukung program pemerintah dalam percepatan konversi motor listrik. Ide ini ditanggapi dengan baik oleh Pegadaian melalui skema Amanah yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembiayaan kepemilikannya, ” jelas CEO Elders Elettrico, Heret Frasthio.

Dia melanjutkan bahwasanya Kit Konversi Untuk Rakyat sudah mulai bisa dipesan dengan sistem pre order, pendaftaran sudah dibuka mulai Oktober 2023.

Untuk varian skuter klasik, Elders Elettrico menghadrikan paket konversi (kit ) dan baterai Type Speedster dan Duro dimulai dengan harga Rp25,8 juta dan untuk biaya instalasi dihargai sebesar Rp1,5 juta.

Sedangkan untuk Paket Konversi yang terjangkau bagi masyarakat tersedia sebanyak 4000 kit/ paket. Masyarakat dapat membayarnya senilai Rp7 juta untuk paket /KIT konversi (dynamo,controller, mounting) dan Rp7,2 juta untuk baterai berkapasitas 72v 20Ah dan Rp9,5 juta untuk baterai dengan kapasitas 72v 24 Ah harga berikut charger.

Spesifikasi Kit Konversi Untuk Rakyat:

Motor 2kw , battery 72v 20 Ah , kecepatan maksimal 70 km/h , Jarak Tempuh 45-50 km

Motor 2Kw, battery 72v 24 Ah, kecepatan maksimal 85 km/h , Jarak Tempuh 60 km

Baca juga: Kendaraan listrik kini bisa disewa melalui aplikasi EMOVE 

Baca juga: Mobil listrik Xiaomi dikabarkan hadir dengan jangkauan terpanjang

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023