Wuhan (ANTARA) - Jalur monorel suspensi komersial pertama China dibuka untuk umum pada Selasa (26/9) di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China tengah.

Operasional tahap pertama proyek ini mencakup jarak total 10,5 km dan memiliki enam stasiun, menurut Optics Valley Traffic Company, operator jalur monorel tersebut.

Jalur monorel gantung itu beroperasi selama 12 jam setiap hari, dengan sebuah monorel berangkat setiap 10 menit.

Kecepatan operasional maksimum kereta monorel tersebut adalah 60 km per jam. Seluruh proses pengoperasian, termasuk permulaan, masuk stasiun, buka dan tutup pintu, sepenuhnya otomatis dan tidak memerlukan campur tangan manusia.

Xie Hongzhen, salah satu staf perusahaan, mengatakan desain monorel yang unik, dengan kereta menggantung pada satu balok tunggal, merupakan solusi operasional yang cerdas. Dibandingkan dengan jalur kereta konvensional atau kereta bawah tanah jalur ganda, kereta monorel menawarkan perjalanan yang lebih mulus dan efektif menghilangkan gangguan dari pejalan kaki dan lalu lintas lainnya.

Kereta monorel yang juga dikenal dengan nama "Optics Valley Photon" ini tampak menggantung terbalik karena posisi lintasannya berada di atas. Penumpang dapat menikmati kota dari sudut pandang yang berbeda melalui lantai kaca di bawah kaki mereka.

Sejak uji coba pengoperasiannya pada Mei lalu, monorel ini telah menarik wisatawan dari seluruh penjuru China.
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023