Jakarta (ANTARA) - Memodifikasi ruang hiburan atau sistem audio dari kendaraan listrik tidak bisa sembarangan dilakukan oleh banyak orang, pengerjaan dan penanganan yang dilakukan juga berbeda dengan kendaraan konvensional pada umumnya.

Owner Cartens Audio Jakarta, Eddie Soesanto mengatakan bahwa modifikasi atau upgrade sistem audio di mobil listrik memang penuh tantangan dan tidak semudah seperti melakukannya di mobil konvensional.

“Untuk mobil berbasis EV memang banyak kekhawatiran dari para pemilik mobil, kalau dimodifikasi akan mempengaruhi sistem kelistrikan di mobil. Apalagi jika harus mengganti sistem audionya dengan menggunakan produk audio aftermarket, akan mengurangi kemampuan baterai sehingga range atau jarak tempuh mobil juga berkurang," kata Eddie Soesanto dalam keterangan resminya, Selasa.

Baca juga: Telah hadir produk audio baru HT-S2000 dan SRS XV800 dari Sony

Menurut dia, pemilik kendaraan listrik yang hendak melakukan modifikasi sistem audio, dikerjakan oleh audio workshop yang ahli dan profesional yang memang memiliki jam terbang tinggi dalam urusan sistem dari car audio.

“Kami sudah berpengalaman selama 21 tahun. Kami selalu berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan inovasi di bidang modifikasi audio mobil dan peredaman suara, baik itu untuk mobil konvensional maupun untuk electric vehicle," tegasnya.

Untuk pemilik yang hendak melakukan pergantian sistem audio, dia menyarankan agar menggunakan power supply tambahan yang dilengkapi super capacitor, aksesoris baterai lithium, dan hal yang paling wajib adalah menggunakan fuse (sekring) master dan eksternal untuk semua kabel audio tambahan saat pemasangan.

"Dari hasil pengecekan kami, beberapa mobil EV masih menggunakan baterai low voltage untuk mendukung pemakaian aksesoris seperti DC Lighter, Starter Switch dan beberapa aksesoris lainnya seperti display dan head unit,” ucap dia.

Audio terbaru dari Cartens Audio Jakarta yang diperuntukan bagi kendaraan listrik. (ANTARA/Ho/Carten Audio Jakarta)

Merespon pasar kendaraan elektrik yang semakin berkembang di Indonesia, Cartens Audio Jakarta menghadirkan sebuah produk terbaru mereka yang memang dikhususkan untuk kendaraan listrik.

Produk yang mereka namakan "Sound Redefined" ini memang dirancang khusus untuk kendaraan listrik dan mobil hybrid dan sudah diaplikasikan pada beberapa model mobil listrik dan hybrid seperti KIA EV6 GT Line, Hyundai IONIQ 5 dan Toyota Kijang INNOVA ZENIX Hybrid.

"Kami sebagai salah satu bagian dari industri pendukung otomotif tidak mau ketinggalan untuk mempelajari semua hal teknis yang dibutuhkan untuk bisa melakukan modifikasi, terutama di bidang audio sistem dan peredaman suara khusus untuk kendaraan elektrik," lanjutnya.

Produk terbaru ini, pertama kali digunakan di kendaraan KIA EV6 GT Line. Kerja dari produk ini mengawinkan sistem audio mobil dengan bawaan KIA EV6, yakni Meridian Sound 12.1.

“Hasilnya sangat luar biasa, menghasilkan kualitas suara premium serta tentunya sangat aman," jelas Eddie Soesanto.

Workshop Cartens Audio beralamat di Niaga Duta Mas Fatmawati Rukan Blok D2 No.22-23 Fatmawati Jakarta Selatan. Workshop ini juga merupakan audio workshop pertama yang menyediakan fasilitas charging station 7.7kwh yang akan memberikan kenyamanan kepada pemilik mobil listrik melakukan modifikasi audio tanpa khawatir kehabisan daya baterai mobil.

Baca juga: Jabra kenalkan solusi kerja hibrida PanaCast 50 Video Bar System

Baca juga: Yamaha sajikan audio layaknya pengalaman nonton konser pribadi

Baca juga: Speaker bawaan Google Pixel Fold dukung Audio Spasial

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023