Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni SMA Xaverius 1 Palembang (IKAXA) menggelar seminar nasional bertajuk “Kendaraan Listrik, Potensi dan Tantangannya di Indonesia" di Puri Agung Convention Hall – Grand Sahid Hotel Jakarta pada Kamis (14/9), yang akan dihadiri tokoh otomotif nasional.

Sejumlah tokoh dan pejabat pemerintah yang bakal hadir dalam acara itu antara lain Luhut Binsar Panjaitan selaku Menko Kemaritiman dan Investasi sebagai narasumber utama, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, Arifin Tasrif selaku Menteri ESDM, Moeldoko selaku Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), serta pengusaha dan perwakilan asosiasi otomotif.

“Kami berharap hasil dari Seminar Nasional ini dapat menjadi masukan bagi Pemerintah atau Penentu Kebijakan, Industri terkait serta masyarakat luas mengenai kendaraan listrik di Indonesia," kata Ketua Umum IKAXA, Agus Jayadi Alwie dalam siaran resmi pada Selasa.

Baca juga: Korlantas tambah jumlah kendaraan listrik dukung "go green"

Beberapa topik yang dibahas pada pertemuan itu antara lain penghematan BBM fosil dan penggunaan energi terbarukan ramah lingkungan yang saat ini kian gencar dikampanyekan oleh pemerintah.

Seminar ini juga digelar guna mendukung Pemerintah yang telah menerbitkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan guna mengakselerasi transformasi industri otomotif, serta mengurangi ketergantungan impor BBM sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi.

Di sisi lain, industri otomotif juga telah bergerak dengan memproduksi kendaraan listrik baik mobil maupun motor, kendati pertumbuhan penggunanya masih belum tinggi karena masyarakat masih bersikap wait and see untuk barang baru ini.

Informasi mengenai Seminar Nasional yang diadakan oleh IKAXA ini dapat di akses melalui website resmi IKAXA di ikaxa.org dan seluruh akun resmi sosial media milik IKAXA yaitu di ikaxa_xaverius1 (Instagram), Ikaxa Youtube Official (Youtube), dan akun official resmi lainnya.

“Demi kemajuan bangsa, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam acara Seminar Nasional ini” tutup Mohammad Huzaery Ketua Penyelenggara Seminar Nasional IKAXA.

Baca juga: Legislator minta DKI kaji kembali pengadaan kendaraan listrik

Baca juga: Menperin pastikan pemerintahan Jokowi kawal pemenuhan kebutuhan nikel

Baca juga: Menangkap potensi ASEAN menuju pemain kunci di industri EV dunia
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023