Jakarta (ANTARA) - Hyundai telah meluncurkan varian baru dari keluarga Stargazer di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Agustus lalu, dengan tambahan label "X" untuk nama mobil baru itu.

Tidak lama setelah GIIAS, Hyundai pun menggelar uji kendara bertajuk "Media Drive Experience: Unleash the X in You with Stargazer X" pada akhir Agustus dengan menempuh perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju Surakarta dan kembali ke Kota Gudeg.

Dalam kesempatan itu, ANTARA mengendarai Stargazer X varian Prime. Rute pertama yang ditetapkan adalah Yogyakarta - Magelang, jalur yang memiliki karakter medan bervariasi, mulai dari jalan aspal yang mulus, landasan beton, hingga yang berbatu. Jalur ini juga lumayan menantang karena ada beberapa tanjakan tinggi dan turunan yang relatif curam.

Baca juga: Hyundai Indonesia puas dengan capaian Stargazer X selama GIIAS 2023

Destinasi pertama kami adalah restoran "Enam Langit" yang berjarak 56 km dari titik start di Yogyakarta. Menyelesaikan etape pertama ini, tak ada keluhan yang dialami bersama Stargazer X.

Hyundai Stargazer X pada saat dijui dari Yogyakarta menuju Surakarta. (ANTARA/Chairul Rohman)

Perjalanan sedikit menegangkan kami rasakan ketika mendekati titik pemberhentian pertama tersebut, setelah berkendara selama sekitar 1 jam. Beberapa tanjakan terjal kami temui dalam sesi ini, hingga Stargazer X terasa sedikit berat saat menanjak.

Namun itu segera bisa diatasi setelah kami mengaktifkan mode Sport pada fitur drive mode, yang membuat respons dan tenaga Stargazer X terasa bertambah dan dengan ringan mampu menaklukkan tanjakan demi tanjakan.

Menggunakan mode Sport dalam waktu yang cukup lama lantaran harus melewati tanjakan panjang tentu membuat konsumsi BBM Stargazer X menjadi lebih boros. Tapi, itu sudah menjadi konsekuensi, terlebih mobil ini memang menggunakan transmisi CVT.

Hyundai Stargazer X pada saat uji kendara dari Yogyakarta menuju Surakarta. (ANTARA/Chairul Rohman)

Baca juga: Sekilas perbedaan Stargazer dengan Stargazer X

Baca juga: Ioniq 5 batik meluncur tandai 50 tahun persahabatan Indonesia-Korea

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023