Jakarta (ANTARA) - Honda Jakarta Center, sebagai diler resmi dari kendaraan Honda di Tanah Air, telah membuka buku pemesanan untuk konsumen yang hendak melakukan pembelian All New Honda CR-V biasa dan varian hybrid yang sudah kenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 lalu.

“Kehadiran All New Honda CR-V RS e:HEV sebagai flagship SUV Honda di Indonesia menjadi pilihan tepat bagi konsumen yang menginginkan kendaraan premium, tangguh, namun, menyajikan efisiensi bahan bakar serta ramah lingkungan,” kata Learning Center Chief Main Dealer Honda Jakarta Center Harry Soelistio dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Honda menghadirkan berbagai fitur keselamatan yang terdepan pada CR-V RS e:HEV, seperti sistem teknologi keselamatan aktif Honda SENSING hadir melalui penambahan fungsi Adaptive Driving Beam yang secara otomatis mengatur distribusi pencahayaan lampu depan saat mobil berpapasan dengan kendaraan lain atau objek di depannya.

Baca juga: All New Honda CR-V raih tingkat keselamatan tertinggi ASEAN NCAP

Fitur keselamatan pada CR-V RS e:HEV juga turut diperkuat dengan adanya fungsi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System (RDM), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB).

“Pentingnya keselamatan berkendara kian berikan perlindungan maksimal berkendara berkat adanya sistem teknologi keselamatan aktif Honda SENSING,” ucap Harry.

Honda Jakarta Center juga meyakini bahwa versi mesin hybrid sebagai penerapan teknologi elektrifikasi Honda di Indonesia atau disebut Honda e: technology di All New Honda CR-V 2.0L RS e:HEV akan memiliki harga yang terbilang cukup kompetitif.

Menurut catatan yang dibagikan oleh Honda Jakarta Center, mobil ramah lingkungan itu menggunakan mesin hybrid di All New Honda CR-V RS e:HEV berinstalasi 2.0 liter direct-injection, 4 silinder Atkinson cycle DOHC, Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Secara total, kombinasi motor listrik dan mesin All New Honda CR-V menghasilkan tenaga maksimum 207 PS serta torsi maksimal sebesar 335 Nm.

Baca juga: All New CR-V Hybrid dibanderol Rp799 juta

Sistem e:HEV bekerja dalam tiga sistem kemudi yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara mengendarai kendaraan.

Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV di mana hanya baterai yang menggerakkan motor sehingga tidak ada konsumsi bensin yang digunakan dan tidak menghasilkan emisi.

Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid di mana mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive, di mana mesin secara penuh akan menggerakkan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

Fitur Deceleration Paddle Selector di All New Honda CR-V RS e:HEV memiliki fungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan) untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui regenerative braking (pengereman kendaraan) di mana semakin besar level perlambatan maka semakin banyak daya yang diserap oleh baterai.

Honda Jakarta Center selain menawarkan All New Honda CR-V RS e:HEV, juga menyediakan versi mesin turbo yakni All New Honda CR-V 1.5L VTEC Turbo.

Perihal pilihan warna, All New Honda CR-V tersedia dalam lima pilihan warna yakni Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic, termasuk warna baru Canyon River Blue Metallic dan Ignite Red Metallic yang eksklusif untuk varian RS.

Baca juga: Honda catat penjualan 1.992 Unit di GIIAS 2023, ditopang Brio dan CR-V

Baca juga: Toyota ungkap 70 persen pasar meminta mobil hybrid

Baca juga: Bali segera uji coba ekosistem angkutan umum listrik khusus di Ubud

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023