Jakarta (ANTARA) - All New Honda CR-V meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia), Senin (21/8).

ASEAN NCAP adalah program penilaian untuk mobil-mobil baru yang ada di kawasan Asia Tenggara, bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar untuk kendaraan yang lebih aman di kawasan ASEAN.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak ASEAN NCAP yang telah melakukan pengujian teknologi serta fitur keselamatan produk-produk Honda melalui prosedur dan standar yang sangat ketat," ujar Sales and Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy, dalam rilis pers, Selasa.

Baca juga: ASEAN NCAP sosialisasikan fitur keselamatan kendaraan di Jakarta

All New Honda CR-V meraih rating tingkat keselamatan tertinggi yaitu lima bintang dari program ASEAN NCAP, dengan total skor 87.16 dari 100.

All New Honda CR-V meraih skor 77.07 dari 100 (94.93/120 untuk total skor) di mana mobil ini berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga samping nya serta pengujian fitur-fitur keselamatannya.

Selain itu, mobil ini meraih skor 31.45/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), kemudian 45.81/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 19.50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs), dan 9/05/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

"Pencapaian yang diraih All New CR-V semakin menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi maupun seluruh pengguna jalan lainnya," kata Yusak Billy.

Baca juga: Honda WR-V raih predikat tingkat keselamatan tertinggi dari ASEAN NCAP

Uji tabrak yang dilakukan merupakan bentuk kolaborasi antara ASEAN NCAP dan juga Japan Automobile Research Institute (JARI). Secara umum, pengujian harus dilakukan setelah produksi massal model dimulai.

Uji Frontal Offset Impact dilakukan menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan penumpang depan serta dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang.

Kecepatan uji tabrakan adalah 64 km/jam ketika menabrak penghalang tabrakan yang menggunakan aluminium yang dapat hancur.

Selain itu, dilakukan pula Side Impact Test dengan memasang boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. MDB (Moving Deformable Barrier) mendekati mobil yang diuji situasional. Kecepatan tes adalah 50 km/jam.

Model SUV global dari Honda tersebut telah dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing untuk memandu sistem berkendara.

Honda CR-V generasi keenam ini pertama kali diperkenalkan di kawasan Asia Tenggara yakni pada bulan Maret 2023 di Thailand. Model ini kemudian diluncurkan di Indonesia pada GIIAS 2023 lalu.

Baca juga: All New HR-V dan BR-V raih rating tertinggi uji tabrak ASEAN NCAP
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023