Jakarta (ANTARA) - Toyota All New Veloz mendapat rating lima bintang dalam uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP (New Car Assessement Program for Southeast Asia) dengan total skor 79,99 poin.

All New Veloz menjadi model Toyota pertama yang diuji ASEAN NCAP menggunakan protokol 2021–2025, mencakup empat kategori pengujian. All New Veloz mencatatkan 34,88 poin untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), kategori Child Occupant Protection (COP) 17,17 poin, kategori Safety Assist (SAT) 16,03 poin dan 11,92 poin untuk Motorcyclist Safety (MS).

“Terima kasih kami ucapkan kepada ASEAN NCAP atas penghargaan yang diberikan. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam menghadirkan mobilitas yang aman, mudah dan nyaman," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Kamis.

Toyota Safety Sense (TSS) pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. TSS merupakan seperangkat fitur keselamatan aktif yang dikembangkan untuk mengurangi kecelakaan sesuai dengan konsep supporting drivers.

Baca juga: Toyota dan Suzuki akan bangun kendaraan hybrid untuk India dan global

TSS menggunakan kamera lensa tunggal dan radar untuk mencegah kecelakaan, mengurangi korban kecelakaan, dan memberikan assist kepada pengemudi di jalan. Sistemnya mampu memberikan alarm peringatan bahaya dalam bentuk grafis atau suara, bahkan dapat melakukan intervensi pada kemudi, pedal akselerator, dan pedal rem ketika terdeteksi tabrakan sudah tidak dapat dihindari.

TSS diyakini berhasil mereduksi potensi tabrakan dari belakang hingga 70 persen di Jepang, di mana tujuan utamanya adalah meniadakan korban jiwa atau zero accident di masa datang.

"Untuk itu sejak awal, ide menciptakan advance 7-seater MPV yang dilengkapi dengan teknologi dan fitur safety yang lengkap termasuk Toyota Safety Sense (TSS), memang sudah menjadi dasar pengembangan All New Veloz," kata Anton.

Adapun fitur TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, kedua Pedal Misoperation Control, ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, serta yang terakhir adalah Front Departure Alert.

Baca juga: Kijang Innova raih lima bintang uji tabrak ASEAN NCAP

Baca juga: Toyota ungkap "teaser" pertama SUV Hyryder jelang peluncuran

Baca juga: Dua mobil mungil Mitsubishi dapat skor tertinggi JNCAP
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022