Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) hari ini mengumumkan bahwa eK X (dibaca eK "cross") dan eK Wagon mendapatkan skor tertinggi dalam uji tabrak Japan New Car Assessment Program (JNCAP).

Dua mobil mungil (kei car) itu meraih nilai tertinggi ASV+++ (Advanced Safety Vehicle) pada kinerja keselamatan preventif dan skor maksimum (bintang lima) berkat performa keselamatan tabrakan di tahun fiskal 2019, berdasarkan pengujian dan penilaian JNCAP.

"Konsep keselamatan Mitsubishi Motors mendukung pengembangan produk untuk mempromosikan mobilitas masyarakat tanpa kecelakaan lalu lintas. Mitsubishi Motors berkomitmen penuh mengembangkan, menerapkan teknologi dan perlindungan keselamatan aktif dan pasif," kata perusahaan dalam keterangan tertulis, Rabu.
 
Mitsubishi eK Wagon (ANTARA/HO/MMKSI)


Driver assistance

eK X dan eK Wagon dilengkapi teknologi driver assistance yang mencakup langkah-langkah keselamatan preventif untuk mendukung pengemudi dalam menghindari tabrakan, atau mengurangi kerusakan tabrakan.

Lane Departure Warning (LDW) menginformasikan kepada pengemudi dengan suara peringatan dan tampilan layar informasi ketika kendaraan akan menyimpang dari jalurnya. Lane Departure Prevention (LDP) membantu pengemudi dalam memindahkan kendaraan kembali ke jalurnya.

Emergency Assist for Pedal Misapplication yang dipasang di kedua kei wagon dapat mencegah akselerasi mendadak akibat pengoperasian tuas atau pedal yang tidak disengaja.

Multi Around Monitor dapat membantu pengemudi memonitor lingkungan sekitar kendaraan saat parkir.

Selain itu, ada juga sistem pengereman Forward Collision Mitigation (FCM) yang mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di depan kendaraan, dan fitur Automatic High Beam (AHB) pada lampu utama.

RISE body

eK X dan eK Wagon menawarkan performa keselamatan tabrakan tingkat tinggi dengan mengadopsi sistem keselamatan MITSUBISHI MOTORS RISE.

Fitur itu menggabungkan desain bodi depan penyerap energi tabrakan dengan kompartemen penumpang yang tahan deformasi, serta enam airbag yang meningkatkan kinerja perlindungan penumpang
.
Kei wagon dirancang untuk lebih meningkatkan keselamatan pejalan kaki dengan memasang struktur penyerap energi di kap mesin untuk melindungi area kepala pejalan kaki, dan struktur di dalam bumper untuk mengurangi cedera pada kaki pejalan kaki saat terjadi tabrakan.


Baca juga: Mobil mungil Nissan Roox mulai dijual

Baca juga: Nissan, Mitsubishi luncurkan empat "kei car" semi-otonom

Baca juga: Penjualan mobil "Kei" di Jepang menurun karena kenaikan pajak

 

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020