Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect motor mengumumkan bahwa All New Honda CR-V bermesin hybrid yang diluncurkan di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dibanderol Rp799.900.000.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Honda CR-V hadir dalam varian All New CR-V 2.0L RS e:HEV yang mengusung mesin hybrid. Selain itu, All New Honda CR-V juga hadir dalam varian 1.5L Turbo, dengan konfigurasi tujuh tempat duduk.

"All New Honda CR-V merupakan model yang sangat tepat bagi Honda untuk memperkenalkan teknologi hybrid terbarunya di Indonesia, karena posisinya sebagai SUV flagship di Indonesia sekaligus merupakan model global yang kualitas dan popularitasnya sudah tidak diragukan di seluruh dunia" ujar President Director PT Honda Prospect Motor Kotaro Shimizu dalam rilis pers, Jumat (11/8).

All New CR-V RS e:HEV menggunakan mesin berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Baca juga: Honda CR-V berfitur Sensing mengaspal di Malaysia

Baca juga: Honda akan perpanjang kenaikan harga di India

Honda memberikan jaminan gratis penggantian baterai hingga delapan tahun atau 160 ribu kilometer. Secara total, kombinasi motor listrik dan mesin All New Honda CR-V menghasilkan tenaga maksimum 207 PS serta torsi maksimal sebesar 335 Nm.

Teknologi e:HEV merupakan sistem yang bekerja secara otomatis di mana kedua motor listrik dan mesin bensin dapat beroperasi secara independen serta menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien.

Sistem e:HEV bekerja dalam tiga sistem berkendara yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara mengendarai kendaraan.

Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV di mana hanya baterai yang menggerakkan motor sehingga tidak ada konsumsi bensin yang digunakan dan tidak menghasilkan emisi.

Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid di mana mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive, di mana mesin secara penuh akan menggerakkan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

Deceleration Paddle Selector pada All New Honda CRV RS e:HEV memiliki fungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan) untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui pengereman kendaraan (regenerative braking) di mana semakin besar level perlambatan maka semakin banyak daya yang diserap oleh baterai.

Pengguna dapat menggunakan Shift B untuk memberikan perlambatan yang aman bahkan di jalan menurun yang curam, sekaligus pengaturan pengisian baterai yang lebih optimal.

Sementara itu, All New Honda CR-V 1.5L Turbo menggunakan mesin berkapasitas 1.5-liter direct-injected 4-Cylinder DOHC VTEC Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimum 240 Nm pada putaran mesin 1.700-5.000 rpm.

Desain All New Honda CR-V RS e:HEV mempunyai tampilan desain eksterior yang sporty dan premium dengan grill depan All New Honda CR-V ber emblem RS dan sentuhan warna Piano Black.

Desain logo Honda pada All New Honda CR-V e:HEV menggunakan desain logo berwarna biru yang menunjukkan bahwa mobil ini menggunakan mesin hybrid. Lampu depan All New Honda CR-V menggunakan LED Headlight with LED Sequential Turn Signals

Pada bagian samping, terlihat garis lurus ke belakang mobil serta roof rail yang memberi kesan gagah dan tangguh. All New Honda CR-V RS e:HEV telah dilengkapi oleh Lock Pre-setting pada handle pintu di mana kendaraan akan otomatis terkunci setelah pengemudi mengunci pintu terlebih dahulu kemudian menutup pintu yang lainnya.

Pada bagian belakang, All New Honda CR-V RS e:HEV menggunakan lampu belakang LED Tail Light dan juga LED Rear Fog Light serta telah disematkan e:HEV Emblem.

Mobil ini menggunakan desain Alloy Wheel berukuran 19 inci black alloy wheels design dan penambahan warna smoke pada All New Honda CR-V RS e:HEV.

Di bagian interior, All New Honda CR-V RS e:HEV menghadirkan jok berlapis material kulit serta dihiasi jahitan merah. Bahan tersebut juga digunakan pada roda kemudi. Terdapat pula fitur Driver Memory Seat dan head-up display.

Bagian dashboard memiliki desain baru dengan 9 inci Display Audio yang mendukung Android Auto dan wireless Apple CarPlay serta 10,2 inci Interactive TFT Meter Cluster with Customized Display Setting.

Pada All New Honda CR-V RS e:HEV terdapat pula Qi-compatible dengan maksimum 15W wireless smartphone charging serta 12-speaker Bose premium audio system dan Interior Ambient Light warna putih yang ditempatkan di beberapa lokasi seperti di center console tray, cup holder serta panel pintu depan dan belakang.

Kabin penumpang baris kedua dilengkapi dengan Panoramic Sunroof. Pada sistem AC disematkan penyesuaian suhu secara independen (kiri dan kanan), ventilasi belakang, serta electrostatic touch LED di lampu kabin belakang. Kenyamanan tersebut juga didukung dengan lampu belakang sentuh LED serta 2 port USB Type C.

Mobil ini juga dilengkapi teknologi keselamatan Honda Sensing yang hadir dengan penambahan fungsi Adaptive Driving Beam yang secara otomatis mengatur distribusi pencahayaan lampu depan saat mobil berpapasan dengan kendaraan lain atau objek di depannya.

Selain itu, terdapat pula fungsi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS), Auto High Beam (AHB), dan Hill Descent Control.

All New Honda CR-V telah dilengkapi 8 airbags yang terdapat di bagian depan, sisi samping dan kini hadir Knee Airbags. Sementara itu All New Honda CR-V RS e:HEV memiliki fitur Active Cornering Light yang membantu pengguna untuk melihat objek di depan saat berbelok.

All New Honda CR-V untuk pertama kalinya memperkenalkan teknologi canggih Honda Connect di Indonesia. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menghubungkan mobilnya dengan smartphone untuk mengakses berbagai fungsi dan informasi penting yang berhubungan dengan mobilnya.

All New Honda CR-V tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan warna terbaru Canyon River Blue Metallic serta Ignite Red Metallic (khusus tipe RS).

All New Honda CR-V RS e:HEV ditawarkan dengan harga Rp 799.900.000 dan untuk varian 1.5L VTEC Turbo memiliki harga Rp 739.900.000. Harga yang tertera adalah harga on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan mobil pertama tahun 2023.

Baca juga: Honda CR-V Hybrid 2021 hadir di Inggris dengan banyak perubahan

Baca juga: Sejarah 25 tahun Honda CR-V, tipe LX hingga mesin hybrid

Baca juga: Honda CR-V generasi keenam mengaspal di AS
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023