Jakarta (ANTARA) - Polestar akan memperkenalkan teknologi Advance Driver Assistance System (ADAS) pada mobil listrik Polestar 4, hasil dari kemitraan dengan Mobileye yang merupakan pemilik eksklusif platform ADAS Chauffeur.

Mobileye adalah perusahaan solusi kendaraan otonom dan telah menyediakan teknologi ADAS untuk lebih dari 150 juta kendaraan di seluruh dunia. Perusahaan ini memiliki sejarah panjang dalam menyediakan teknologi ADAS dan kendaraan otonom sejak didirikan pada tahun 1999.

Mereka sebelumnya telah bermitra dengan Tesla, BMW, dan beberapa pemain besar lainnya di industri otomotif. Baru-baru ini, mereka sepakat bekerja sama dengan Porsche untuk mengintegrasikan platform teknologi SuperVision mereka dalam mobil Porsche.

Baca juga: Kaki-kaki bermasalah, Polestar 2 ditarik di AS

Kolaborasi antara Polestar dan Mobileye akan menghasilkan platform yang disebut lebih canggih daripada SuperVision, bernama Chauffeur.

Kolaborasi ini akan melibatkan Mobileye dalam menambahkan teknologi otonom ke mobil listrik Polestar 4. Tujuannya termasuk mengembangkan teknologi ini untuk mobil-mobil Polestar lainnya.

Mobileye Chauffeur akan memungkinkan pengemudi menikmati pengemudian otonom dari titik ke titik di jalan raya tanpa harus memegang kemudi dan tanpa perlu melihat ke jalan. Kemampuan pengemudian otomatis dengan mata tetap melihat di jalan akan berlaku di lingkungan lain yang ditentukan.

Platform ini akan diproduksi dan diimplementasikan oleh ECARX dan mencakup sistem-on-chip EyeQ, peta Mobileye Roadbook yang didukung oleh teknologi REM, sistem kamera 360 derajat, dan lainnya.

Baca juga: CEO Polestar percaya desain lebih penting dari jarak tempuh

CEO Mobileye, Amnon Shashua, mengatakan bahwa Mobileye Chauffeur akan menawarkan konsumen cara yang lebih aman dan mudah untuk menikmati kendaraan otonom sebagai revolusi berikutnya dalam transportasi pribadi.

Shashua mengatakan bahwa Chauffeur adalah hasil puncak dari pengalaman mereka selama dua dekade dalam menerapkan kecerdasan buatan pada jutaan kendaraan di seluruh dunia.

Polestar 4 akan diluncurkan dengan teknologi ADAS berbasis SuperVision yang memiliki sebagian besar fungsionalitas yang dijelaskan. Mobileye Chauffeur, saat diluncurkan, akan menawarkan sistem-on-chip EyeQ6 dengan sensor radar dan LiDAR modern.

SUV coupe Polestar 4 akan masuk ke pasar global pada tahun 2024, tetapi telah lebih dulu hadir di China. Demikian disiarkan Gizmochina, Selasa (29/8).

Baca juga: Polestar 2 dapat penataan ulang demi jangkauan yang lebih luas
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023