Jakarta (ANTARA) - Google kembali mengumumkan versi HD terbaru dari layanan Peta untuk mobil dengan sistem operasi Android Automotive. Peta HD terbaru ini akan menyediakan marka jalan yang lebih detail, lokalisasi lajur, penghalang jalan, dan rambu.

Arena Ev pada Minggu mengabarkan bahwa fitur ini akan memulai debutnya pada model Volvo EX90 dan Polestar 3 yang akan memanfaatkan sensor lidar, radar, dan kamera pada kendaraan untuk memastikan pengalaman berkendara yang lebih aman.

Baca juga: Volvo laporkan penurunan penjualan hampir 25 persen pada April

Demo peta HD pada Volvo menunjukkan pengguna akan mendapatkan model detail kendaraan mereka di layar yang meniru semua tindakan yang dilakukan oleh pengemudi. Peta HD ini hanya akan tersedia pada kendaraan yang menggunakan Layanan Otomotif dari Google.

Peta HD juga akan bekerja bersama-sama dengan fitur Volvo's Pilot Assist dan platform mengemudi otonom masa depan dari pembuat mobil lain untuk memastikan pengalaman berkendara terbaik pada kendaraan berbantuan dan otonom.

Kendaraan Volvo dan Polestar juga mendapatkan fitur remote check-in melalui perangkat rumah pintar Google. Pengguna akan dapat meminta Google Assistant untuk menghangatkan mobil mereka, memeriksa persentase baterai dan segala macam fitur berguna lainnya.

Fitur check-in jarak jauh akan diluncurkan di AS dan akan hadir di pasar lain akhir tahun ini. Google juga mengumumkan aplikasi Waze baru untuk Android Automotive kini tersedia di mobil Renault Austral Hybrid dan Megane E-Tech.

Dalam berita terkait, Google mengumumkan tampilan Android Auto layar terbagi yang didesain ulang sekarang secara resmi diluncurkan kepada pengguna. Tampilan baru Android Auto sebelumnya terbatas pada penguji beta sejak November.

Android Auto UI yang baru memprioritaskan aplikasi layar terbagi untuk navigasi dan pemutaran konten sehingga pemilik tidak perlu lagi terus-menerus beralih antar aplikasi saat mengemudi.

Baca juga: Penjualan Volvo Cars turun di tahun 2022

Baca juga: Zenseact jadi anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Volvo Cars

Baca juga: Volvo Cars buka "showroom" pertama di Jakarta Pusat
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023