Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia berencana meningkatkan kapasitas produksi hingga mencapai 130.000 unit pertahun mulai September 2013, pabrik kedua dibangun di Kawasan industri Karawang International Industrial City, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nonami, Jumat, mengatakan, saat ini kapasitas produksi mobil di pabrik pertama mencapai 110.000 unit per tahun.

Sedangkan khusus di pabrik kedua yang baru diresmikan di kawasan industri Karawang International Industrial City, Karawang, kapasitas produksinya mencapai 70.000 unit per tahun.

Dalam pembangunan pabrik kedua itu sendiri, Toyota menginvestasikan sekitar Rp3,3 triliun, dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.100 orang.

Menurut dia, pada 2012 pasar otomotif di Indonesia telah menembus angka 1 juta unit. Capaian itu sekaligus mencatatkan pencapaian tertinggi selama sejarah perkembangan otomotif Indonesia.

Demikian juga dengan kondisi penjualan Toyota di Indonesia pada tahun itu, kata dia, tumbuh secara konsisten hingga mencapai 400.000 unit.

Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation Jepang Takahiro Iwase mengatakan, Indonesia merupakan basis produksi yang cukup penting. 

(KR-MAK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013