Jakarta (ANTARA) - BYD mendominasi penjualan kendaraan di China pada Agustus 2024, dengan memiliki 12 entri model kendaraan yang terlaris masuk dalam 20 besar.

Data Yiche dilansir , Minggu (15/9), baru-baru ini menyusun daftar Top 40 untuk mobil domestik terlaris.

Daftar ini tidak hanya untuk mobil listrik, melainkan untuk seluruh model kendaraan yang paling laris di China, baik mobil listrik, hybrid, maupun pembakaran internal (ICE).

Sekilas, daftar ini terlihat seperti hanya untuk penjualan mobil listrik karena penjualan didominasi mobil ramah lingkungan. Hal ini disebabkan tingkat penetrasi mobil ramah lingkungan di China pada bulan Agustus yang mencapai 53,9 persen.

Baca juga: Jenis mobil listrik yang memiliki jarak jangkau terjauh di Indonesia

Baca juga: BYD jadi merek terlaris ke-3 dunia pada Juli 2024


BYD dalam grafik tersebut meraih enam tempat teratas, dan dalam 20 besar, tidak kurang dari 12 model BYD.

Satu-satunya merek lain yang masuk ke dalam 10 besar selain BYD adalah dua entri dari Wuling dengan posisi ketujuh ditempati oleh Mini EV dan posisi kesembilan ditempati oleh Bingo.

Sementara itu, Li Auto berhasil meraih posisi kedelapan dengan L6.

Sementara pada daftar lengkap Top 40, yang terlihat adalah bahwa sejumlah produsen berjuang untuk menemukan model yang laku keras, termasuk banyak pemukul berat tradisional.

Satu-satunya BUMN besar yang masuk dalam daftar ini adalah Changan, GAC (Aion), dan FAW (Hongqi).

Selain itu, salah satu perusahaan swasta yang secara tradisional lebih dinamis, Great Wall, tidak memiliki satu pun entri hingga peringkat ke-36, yang dipegang oleh Havel Big Dog.

Khususnya, Geely, meskipun tidak berada di posisi yang sama baiknya dengan BYD, namun jauh lebih baik daripada Great Wall.

Xiaomi berhasil meraih posisi ke-21 dengan SU7. Aito yang didukung Huawei mendapatkan posisi ke-14 untuk M9 dan ke-28 untuk M7.

Baca juga: BYD bantah tunda rencana pembangunan pabrik Meksiko karena pemilu AS

Baca juga: BYD Seal salip pemain lama, sabet posisi kedua setelah penjualan Camry

Baca juga: Foto-foto SUV BYD Tang model 2025 mengemuka

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024