Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan model hacthback terbaru Etios Valco yang dipasarkan dengan harga mulai Rp135,5 juta.

"Saudara muda" Yaris itu tersedia dalam tiga tipe, J, E, dan G, serta dirancang khusus sesuai karakteristik pasar Indonesia mulai dari eksterior, interior, termasuk ukuran wheelbase juga gound clearance.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan mengatakan, Toyota meluncurkan Etios karena melihat tingginya permintaan pasar hatchback di Indonesia dan perkembangan pasarnya yang semakin pesat.

"Ruang kabin mobil sangat lega dan nyaman serta ukuran ground clearance yang sesuai kondisi jalan Indonesia," katanya ketika menggelar jumpa media di Jakarta pada Senin (11/3).

Model tipe J memiliki sporty velg palang tiga, tujuh cup holder, coin, dan card holder yang secara khusus didesain untuk masyarakat Indonesia. Uniknya, model itu memiliki interior cooler di dalam laci dashboard sehingga membuat minuman pelanggan tetap dingin.

Model tipe E memiliki semua fitur tipe J dengan tambahan 2 DIN Head Unit untuk mefungsikan AM/FM radio, CD, MP3, USB dan AUX.

Etios Valco memiliki desain jok yang ergonomis di bagian depan untuk kenyamanan pengemudi, juga dirias dengan grill sporty alloy wheel 15 inchi (E & G) dan  steel wheel 14 inchi untuk tipe J.
 
Varian tertinggi Etios adalah tipe G yang memiliki fitur-fitur pada model J dan E serta fitur tambahan lainnya berupa Steering Switch, Anti-lock Braking System (ABS), Security System, foglamp depan, Electric Outside Rear View Mirror dan Intermittent Wiper.

"Kami tidak main-main dengan keamanan, model ini memiliki dua airbag, ABS dan EBD," katanya.

Etios Valco menggunakan mesin 16 Valve, DOHC, 1.2 liter yang menghasilkan tenaga hingga 80 hp pada 5.600 rpm serta torsi 10,6 kgm pada 3.100 rpm. Semua model itu juga menggunakan transmisi manual lima perepatan dan ukuran dimensinya yaitu panjang 2.460 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.510 mm.

Model itu tersedia dalam enam warna pilihan yaitu hitam, putih, biru, silver, abu-abu dan beige. Etios Valco J dibanderol Rp135,5 juta, tipe E Rp149,9 juta dan tipe G Rp161,6 juta.

Di Indonesia, Toyota Etios akan bersaing dengan Honda Brio, Nissan March, Suzuki Splash, dan Mitsubishi Mirage.

(adm)
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013