Jakarta (ANTARA) - PT PBS (Prakarsa Bangun Sarana) selaku distributor helm Shoei di Indonesia, resmi menghadirkan produk yang dinobatkan akan menggantikan peran X-14, yakni Shoei X-15, yang juga digunakan oleh pembalap MotoGP Marc Marquez dengan harga mulai dari Rp11 jutaan.

Seperti yang digunakan oleh MarcMarquez, helm X-15 juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang dapat melindungi kepala para penggunanya baik digunakan untuk ajang balap maupun harian.

"Kami berharap X-15 bisa menerobos pasar Indonesia. Teknologi diusung menjadi salah satu keunggulan dan bobotnya hanya 1 kilogram," kata General Manager PT Prakarsa Abadi Sentosa (PBS) Avant Tjen dalam keterangan resmi, Selasa.

Baca juga: Nolan luncurkan N30-4 Series mulai dari Rp3 jutaan

Perubahan X-14 ke X-15 memang lebih mencolok, helm terbaru itu mengusung desain yang lebih modern dan juga aerodinamis sehingga helm diklaim akan tetap stabil pada saat kecepatan yang tinggi.

Shoei meneliti setiap helm yang diluncurkan. Misal, untuk pengujian X15, mereka fokus pada segi keamanan dan juga lorong angin (wind Tunnel Testing) yang dimiliki sehingga menghasilkan helm yang lebih aerodinamis.

"Dibandingkan dengan helm yang sebelumnya, X-15 dapat mengurangi terjadinya helm terangkat (Coeficient Lift) sekitar 1,6 persen, dan mengurangi terjadinya helm tertarik (Coeficient Drag) sebesar 6,1 persen dari varian yang sebelumnya," ucap Tjen

Pembalap seperti Marc dan Alex Marquez  juga memberikan saran untuk pengembangan helm itu tetap nyaman dan stabil meski haru memacu tunggangannya hingga kecepatan tinggi yakni 350 kilometer/jam.

Pada bagian luar, helm itu memiliki desain yang mencolok dengan dua garis tegas pada bagian atas helm. Selain itu, terdapat juga perubahan lain yang terdapat di bawah visor termasuk berpindahnya mekanisme buka-tutupnya.

Shoei juga memberikan pengembangan pada bagian ventilasi helm X-15 yang lebih banyak dari yang sebelumnya, mereka mengklaim telah meningkatkan saluran udara yang lebih dalam 1.5 kali dari sebelumnya dan lubang output ditambah guna memberikan stabilitas.

Shoei X-15 hadir di pasar Indonesia dengan harga mencapai Rp 11 juta hingga Rp14,4 juta.

Baca juga: Helm GM Evouq meluncur sasar kaum urban berjiwa muda

Baca juga: Mahasiswa UMM buat helm cerdas untuk tekan angka kecelakaan
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023